Bupati Gresik Terjunkan 100 Relawan untuk Tracing Warga Kontak Penderita Covid

Bupati Gresik Terjunkan 100 Relawan untuk Tracing Warga Kontak Penderita Covid Bupati Gus Yani saat memimpin apel relawan tracer. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fandi Akhmad Yani menerjunkan 100 relawan untuk tracing warga yang kontak dengan penderita Covid-19. Penugasan 100 relawan tersebut ditandai dengan apel persiapan di halaman Kantor , Jumat (6/8/2021).

Selain bupati selaku Komandan , turut hadir dalam apel Kapolres AKBP Arief Fitrianto dan Dandim Letkol Infanri Taufik Ismail. Dalam apel tersebut, bupati meminta jajaran untuk memulai tracing pada nama-nama yang terlacak positif Covid-19.

Dalam prosesnya, setiap pagi akan masuk data baru yang terkonfirmasi Covid-19 by name by address pada aplikasi yang dimiliki Satgas Covid-19 Kabupaten Gresik. Untuk tingkat desa, para bidan desa, bhabinkamtibmas, babinsa, dan relawan tracer mulai melakukan tugasnya mendatangi orang yang terdata sebagai pasien Covid-19 baru. Mereka melakukan pelacakan untuk mengetahui siapa saja yang telah kontrak erat dengan penderita.

Minimal 8-15 orang, antara lain seluruh anggota keluarganya serta beberapa orang terakhir yang kontak erat dengan pasien. Dari sinilah para anggota tracer mendapatkan data tentang perkembangan paparan Covid-19 baru. Selanjutnya para tracer ini langsung melaporkan via aplikasi Si Lacak.

Tim Tracer juga mengarahkan orang yang telah terpapar untuk melakukan isolasi terpusat di Rumah Sakit Lapangan Gelora Joko Samudro (Gejos). Warga yang diketahui kontak dengan pasien Covid-19, disarankan untuk membatasi kontak dengan yang lain.

Selain tracing, sebanyak 100 orang relawan tracer yang diterjunkan juga akan melakukan testing dan treatment (3T) di seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Bupati menyampaikan terima kasih kepada para relawan. Dia mengajak para relawan tracer ini selalu bekerja sama dan bergotong royong dengan sesama tim.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO