Pemkot Pasuruan Berencana Jadikan Kawasan P3GI sebagai Wisata Edukasi

Pemkot Pasuruan Berencana Jadikan Kawasan P3GI sebagai Wisata Edukasi

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan akan membangun kawasan pariwisata yang terintegrasi, yaitu kawasan wisata yang di antaranya wisata edukasi, wisata sejarah, dan wisata religi. Tiga wisata itu akan dijadikan satu kesatuan yang menghubungkan masa lalu dengan masa depan sehingga akan menarik perhatian wisatawan.

Pembangunan kawasan wisata terintegrasi ini salah satunya akan dilakukan pada lahan milik Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). Awal dari pembangunan wisata di kawasan P3GI dengan penandatanganan MoU antara Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Direktur Utama PTPN III (Persero ) Abdul Ghoni yang disaksikan langsung Pimpinan P3GI Pasuruan, Sekda, Asisten 1, Kepala OPD terkait dan seluruh peserta yang diikuti secara virtual di Pendopo Surga Surgi rumah dinas Wali Kota Pasuruan, Jumat (30/7/2021).

"Tujuan kerja sama ini menghubungkan bagaimana sejarah, bagaimana jejak peradaban Jepang yang dikaitkan dengan pusat gula di Kota Pasuruan. P3GI pertama dibangun di Kota Semarang pada tahun 1885, kedua di kota Majalengka sekitar tahun 1886 dan pada tahun 1887 karena di wilayah Semarang maupun Majalengka tidak bertahan lama akhirnya dilebur jadi satu di Kota Pasuruan. P3GI merupakan pusat penelitian gula di Kota Pasuruan yang bisa dijadikan wisata pendidikan dimana akan dibangun museum dengan dilengkapi fasilitas pendidikan, artefak masa lalu, pelatihan,pusat kuliner dan penginapan," ujar Abdul Ghoni.

Sementara itu, Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul menyampaikan dua catatan penting dalam kerja sama ini. Pertama, P3GI menjadi kesaksian sejarah tidak hanya perjalanan PTPN tapi juga kesaksian perjalanan Kota Pasuruan melalui karya-karya di bidang penelitian.

Simak berita selengkapnya ...