Flores Bersatu, Wadah Konsolidasi Puluhan Ribu Warga Perantauan Flores di Jawa

Flores Bersatu, Wadah Konsolidasi Puluhan Ribu Warga Perantauan Flores di Jawa Para inisiator yang menggagas berdrinya Flores Bersatu.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Begitu banyaknya perantauan dari Flores yang menyebar di seluruh Pulau Jawa. Jumlahnya mencapai puluhan ribu. Untuk mewadahi mereka, sejumlah inisiator membentuk wadah organisasi, yaitu Flores Bersatu, bertempat di salah satu kafe di Surabaya, Sabtu (24/7).

GW Thody Johanes (Bang Jo), salah satu tokoh yang dituakan mengatakan pembentukan organisasi tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Yakni dengan tetap jaga jarak, cuci tangan dengan sabun, dan memakai masker tanpa ada kerumunan.

Ia berharap organisasi Flores Bersatu bisa menjadi wadah bagi seluruh masyarakat Flores yang ada di Jawa Timur. Ke depan, pihaknya juga akan segera melakukan konsolidasi dengan membentuk pengurus-pengurus yang ada di seluruh kabupaten/kota (DPC) dan pengurus wilayah provinsi (DPW).

"Kita juga akan melakukan rakernas yang mana nantinya akan ada pembahasan bahwa pergerakan-pergerakan Flores Bersatu, baik itu sosial atau lainnya ialah berasal dari basis bawah hingga ke atas, saling bersinergi," jelas Thody didampingi Anis Roga serta Bang Hengky,.

Menurut Thody, Flores Bersatu adalah organisasi masyarakat yang mempunyai visi sosial, di antaranya mengembangkan program berbagi, yakni saling membantu dan bersinergi di lingkungannya masing-masing.

"Perlu diketahui, sejak tanggal 17 April 2021 lalu, terbentuk embrio struktur pengurus untuk membentuk legal organisasi. Mungkin ini salah satu organisasi Flores yang pertama di Jawa Timur, bahkan Indonesia," katanya.

Thody menegaskan kehadiran Flores Bersatu bukan untuk menyaingi ormas yang telah ada, namun menjadi wadah yang akan merangkul seluruh ormas dari Flores yang telah ada. “Semoga visi dan misi kami diterima oleh seluruh elemen masyarakat Flores," ujarnya.

"Flores Bersatu bertujuan membangun hubungan antara sesama warga di perantauan, dengan harapan akan banyak tumbuh sumber daya serta kreativitas. Sumber daya (SDM) tersebut haruslah dapat dimanfaatkan, sehingga kegiatan yang positif dan produktif dapat diperoleh. Oleh karena itu, potensi-potensi tersebut harus dieksplorasi secara maksimal," bebernya.

Thody juga berharap Flores Bersatu dapat membantu kegiatan-kegiatan warga/masyarakat serta mengisi kegiatan yang ada, maupun memunculkan kegiatan yang belum ada. "Sehingga terjalin suatu hubungan antara warga, merangkul dan membangun sebuah sistem kerja sama antara masyarakat, tnpa melihat perbedaan dari suku, ras, dan agama," pungkasnya. (sda1/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO