Penerima BST di Kediri Cukup Nunggu di Rumah

Penerima BST di Kediri Cukup Nunggu di Rumah Petugas Kantor Pos saat menyerahkan BST kepada salah seorang warga. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penyaluran Bantuan Sosial (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kali ini dilakukan secara door to door. Keluarga Penerima Manfaat atau KPM cukup menunggu di rumah, tidak perlu datang ke kantor seperti sebelumnya.

Mekanisme penyaluran BST dari rumah ke rumah sudah dilakukan mulai Kamis (15/7) kemarin, di antaranya di Kelurahan Pocanan. Tujuannya, untuk menghidari kerumanan warga.

Adapun BST yang disalurkan kali ini untuk bulan Mei dan Juni masing-masing Rp 300 ribu, sehingga KPM menerima total Rp 600 ribu.

Sigit Sugiharto, Kepala Kota Kediri mengatakan petugas yang membagikan BST tidak sampai masuk ke dalam rumah, hanya di teras. Kecuali bagi warga yang tidak memungkinkan untuk keluar, baru petugas masuk ke dalam rumah.

“Pola pembagian langsung dari rumah ke rumah penerima oleh petugas PT Pos diperkirakan memakan waktu seminggu,” ucap Sigit, Kamis (16/7) kemarin.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto mengatakan terobosan ini merupakan upaya percepatan pembagian bansos kepada masyarakat, mengingat saat ini pemerintah menerapkan PPKM darurat.

Adapun penerima BST pada periode Mei dan Juni 2021 untuk sementara 9.058 KPM dan dimungkinkan bertambah. “Karena ada data susulan dari Kementerian Sosial yang masuk bertahap,” pungkasnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO