RGR dan Bang Mantri Bersinergi Gelar Aksi Bedah Rumah

RGR dan Bang Mantri Bersinergi Gelar Aksi Bedah Rumah Irma Yulianti, Koordinator RGR Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Relawan Gotong Royong (RGR) Kediri bersinergi dengan Bang Mantri, sebuah komunitas konten creator, menggelar aksi bedah rumah milik Mbah Sami (80), warga Kelurahan Bandar Lor Gang 5A Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Minggu (27/6) kemarin.

Koordinator RGR Irma Yulianti mengatakan bahwa aksi bedah rumah ini juga berkolaborasi dengan Dewan Kesehatan Masyarakat (DKM) dan dkriwoels_handmade.

Rumah Mbah Sami yang berukuran 3x3 meter menjadi sasaran rehab karena tidak layak huni. Menurut Irma, rumah tersebut tidak memiliki ventilasi udara sama sekali sehingga udaranya pengap. Selain itu kayu untuk menopang genteng juga sudah lapuk.

Mbah Sami sendiri adalah seorang janda yang sudah tidak produktif dan kondisi fisiknya terus melemah. "Kaki beliau lagi sakit, sehingga untuk berjalan harus menggunakan krek atau tongkat untuk menopang saat beraktivitas," terang Irma, Senin (28/6).

Irma mengungkapkan, Mbah Sami sebenarnya mempunyai 5 orang anak, namun 2 di antaranya sudah meninggal dunia. Sedangkan dua orang lainnya lagi tinggal jauh di luar kota dan jarang pulang karena kondisi ekonominya juga pas-pasan.

Simak berita selengkapnya ...