Peringatan HANI Secara Virtual, Wapres Ma'ruf Amin Minta Kampung Tangguh Bersinar Digencarkan

Peringatan HANI Secara Virtual, Wapres Ma Syah. M. Natanegara, Wakil Bupati Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 diselenggarakan secara virtual, diikuti seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Di Trenggalek, jajaran pemkab mengikuti peringatan HANI dari Smart Center Pendopo Trenggalek, dengan mendengarkan pidato dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Wakil Bupati Trenggalek Syah Natanegara mengatakan, bahwa Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memberikan arahan agar pemberantasan narkoba dimulai dari tingkat desa dengan membentuk Kampung Tangguh Bersinar (Bersih dari Narkoba).

"Jadi kita juga akan mendukung program itu bersama BNNK Trenggalek untuk mensukseskan program P4GN (Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba)," kata Syah usai mengikuti kegiatan HANI di Smart Center, Senin (28/6).

Meski peredaran Narkoba di Trenggalek tergolong rendah, Syah mengatakan kewaspadaan harus terus dijaga oleh seluruh elemen sebagai bentuk perang terhadap peredaran Narkoba.

Menurutnya, strategi yang digunakan oleh Pemkab Trenggalek untuk menekan peredaran Narkoba di Trenggalek adalah dengan terus menggalakkan sosialisasi di seluruh elemen masyarakat.

Sementara Kepala BNNK Trenggalek David Hutapea menambahkan, bahwa Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin juga meminta agar program P4GN terus digalakkan.

Ia mengakui tingkat peredaran Narkoba di Trenggalek masih di bawah rata-rata kabupaten/kota lain. Namun yang perlu diwaspadai, kata David, bahwa saat ini terjadi peningkatan penyalahgunaan Narkoba secara global.

"Ini harus kita antisipasi, karena kita tahu bahwa Trenggalek saat ini sedang mengusung program-program untuk peningkatan pembangunan," ujarnya.

"Kita tidak mau kalau upaya peningkatan di Kabupaten kita ini tertahan oleh Narkoba, kita berupaya untuk melakukan penguatan khususnya di generasi muda," tambahnya seraya mengatakan bahwa generasi muda adalah tulang punggung dalam banyak hal pembangunan. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO