Prihatin Banyak Remaja Putri Hamil di Luar Nikah, MUI Gresik Temui Ketua DPRD

Prihatin Banyak Remaja Putri Hamil di Luar Nikah, MUI Gresik Temui Ketua DPRD Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir ketika beraudiensi dengan jajaran pengurus MUI. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik KH Mansoer Sodiq beserta jajarannya menemui Ketua , Much Abdul Qodir, di Kantor , Jalan KH. Wachid Hasyim, Rabu (23/6/2021).

Kedatangan para pengurus organisasi ulama ini sebagai bentuk keprihatinan dengan kondisi para remaja putri di kota berjuluk santri dan wali belakangan ini. Sebab, berdasarkan data di Pengadilan Agama (PA) Gresik, banyak remaja putri yang belum cukup umur meminta dispensasi menikah lantaran telah hamil di luar nikah.

Ketua MUI dan jajarannya kemudian melakukan audiensi degan Ketua DPRD Much Abdul Qodir, di ruang rapat pimpinan.

Dalam audiensi tersebut, Kiai Mansoer menyebutkan selama bulan Januari-Juni 2021, jumlah remaja putri di Kota Pudak yang hamil di luar nikah mengalami tren kenaikan. Akibatnya, banyak orang tua remaja putri hamil di luar nikah yang mengajukan dispensasi menikah sebelum waktunya.

"Ada sebanyak 124 calon pengantin yang mengajukan dispensasi menikah. Dari jumlah itu, 49 persen beralasan karena hamil duluan," ungkapnya.

"Pernikahan dini harus menjadi perhatian bersama. Angka ini meningkat setiap tahunnya," tambahnya.

Untuk menekan , kata Kiai Mansoer, MUI sebetulnya sudah melakukan antisipasi dengan mendirikan lembaga konseling di . Melalui konseling itu, mereka yang mengajukan dispensasi diharapkan menunda pernikahan hingga cukup umur.

"Namun apa yang terjadi, banyak juga anak muda yang sudah terlanjur, dalam artian hamil duluan sebelum menikah. Ini memprihatinkan. Makanya harus ada solusi konkret terkait persoalan tersebut," terangnya.

Dalam kesempatan ini, MUI juga membahas tren kenaikan kasus peredaran narkoba di Kabupaten Gresik dan menjamurnya kasus renternir yang keberadaannya menjerat warga miskin.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO