Rabu, 04 Agustus 2021 12:20

Jabat Kapolres Tuban, AKBP Darman Wajibkan Personel Ngaji Kitab Kuning

Minggu, 20 Juni 2021 20:16 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jabat Kapolres Tuban, AKBP Darman Wajibkan Personel Ngaji Kitab Kuning
Kapolres Tuban AKBP Darman saat berada di masjid mapolres setempat.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tampuk kepemimpinan Polres Tuban resmi dijabat AKBP Darman, yang sebelumnya diisi AKBP Ruruh Wicaksono.

Dalam pertemuan kali pertama di hadapan personel Polres Tuban, sosok kapolres yang dikenal low profile dan religius itu mengingatkan seluruh personelnya tentang tanggung jawab seorang pemimpin dan mengajak untuk selalu mengingat kepada Tuhan YME.

"Tugas saya sebagai seorang pemimpin mengajak rekan-rekan semua untuk lebih baik. Sebagai pemimpin, saya akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT di akhirat kelak tentang apa yang sudah saya lakukan sebagai pemimpin untuk anggota saya," ucap Kapolres Tuban AKBP Darman, Minggu (20/6/2021).

Perwira kelahiran Demak 45 tahun silam ini telah menyusun sejumlah program yang akan dijalankan di Polres Tuban. Salah satunya dengan kajian kitab kuning yang rencananya dilaksanakan di masjid Polres Tuban. Hal serupa telah ia lakukan ketika menjadi orang nomor satu di Polres Sumenep.

BACA JUGA : 

Masa Berlaku SIM Habis Saat PPKM, Masyarakat Tuban Masih Bisa Urus Perpanjangan

Kader Posyandu Ikut Dilibatkan dalam Tim Tracer Covid-19 di Tuban

Polres Tuban Dalami Temuan Mensos Risma Terkait Dugaan Penyelewengan BPNT

Harlah ke-23, PKB di Jatim Salurkan Bansos untuk Isoman hingga Lomba Kitab Kuning

"Silakan nanti Kabag Sumda menyusun jadwalnya, seminggu berapa kali untuk personel mengikuti kajian kitab kuning setelah pelaksanaan Sholat Dzuhur, biar ada sesuatu yang kita bawa saat kita keluar dari masjid ini. Satu lagi, setiap bulan harus ada kegiatan khotmil Qur'an di masjid ini," ujarnya.

Mantan Kapolres Sumenep ini menuturkan, pentingnya ilmu agama bagi setiap anggota dalam menjalankan tugas. Karena, setiap tindakan yang dilakukan akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Rekan-rekan sebagai kepala rumah tangga juga akan diminta pertanggungjawaban. Jangan bangga dengan anaknya yang fasih bahasa Inggris namun tidak bisa baca Alquran. Kenikmatan dunia hanya seperti sebutir debu di padang pasir atau setetes air ketika kita mengangkat jari setelah dicelupkan di lautan, kenikmatan sesungguhnya ada di akhirat kelak," terang AKBP Darman.

Lebih lanjut, dirinya mengajak para personelnya untuk selalu memakmurkan masjid dan mendekatkan diri dengan sang pencipta. Dengan begitu, keberkahan dan keselamatan akan datang menghampiri.

"Kita dipersatukan di dalam masjid ini, alangkah dzolim dan naifnya kita bisa membangun masjid semegah ini jika kita tidak bisa memakmurkannya. Saya yakin kalau Asma Allah selalu berkumandang, polres ini akan selalu mendapat keberkahan dan kita akan selalu dalam lindungan-Nya. Semoga kita selalu Istiqomah dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT," pungkas perwira dengan 3 anak ini.

Sebatas diketahui, karir seorang AKBP Darman diawali dengan menjabat sebagai Kaur Binops Satreskrim Polres Mamuju Polda Sulsel. Selanjutnya ia bergeser ke Polres Polewali mandar dengan jabatan yang sama pada tahun 2004 lalu. Dan pada tahun 2005 menjadi Kapolsek Wonomulyo, polres yang sama.

Setelah malang melintang di pulau seberang, pada tahun 2008 ia kembali ke Pulau Jawa dan dipercaya menjadi Kapolsek Bogor Timur, Polres Kota Bogor, Polwil Bogor; Kapolsek Mega Mendung, Polres Bogor, Polda Jabar tahun 2010. Dan pada tahun 2015 ia kembali bertugas di luar Jawa menjadi Kabagdalpers Biro SDM Polda NTT.

Pada tahun 2017, ia kembali lagi ke Pulau Jawa, kali ini di Polda Jatim pada tahun 2017 hingga akhirnya diberi amanah menjadi Kapolres Tuban yang ke-35 setelah sebelumnya menjabat Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim Tahun 2019 dan Kapolres Sumenep pada 2020. (gun/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...