Antisipasi Sebaran Covid-19, Pemkab Sumenep Gelar Vaksinasi Massal bagi Guru dan Lansia

Antisipasi Sebaran Covid-19, Pemkab Sumenep Gelar Vaksinasi Massal bagi Guru dan Lansia Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar vaksinasi massal sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar vaksinasi massal sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan itu dilakukan di setiap kecamatan secara bergiliran dengan sasaran sedikitnya 1.000 orang guru dan lansia.

Menurut Bupati Sumenep Achmah Fauzi, pihaknya menargetkan tiap-tiap kecamatan sebanyak seribu warga yang divaksin. Vaksinasi dilakukan di tiga kecamatan tiap harinya, sehingga bakal ada tiga ribu orang yang mendapat vaksin Covid-19.

“Vaksinasi ini dilakukan sebagai salah satu upaya memutus rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Sumenep,” jelasnya di tengah-tengah pemantauan vaksinasi di Kecamatan Sumenep, Rabu (16/6/2021).

Dikatakan, tujuan vaksinasi agar tercipta antibodi terhadap virus corona sehingga tidak mudah terinfeksi, untuk menjadikan Kabupaten Sumenep kembali ke zona aman atau zona hijau. "Nah, jika Kabupaten Sumenep zona hijau akan berefek positif terhadap masyarakat, karena bisa beraktivitas seperti biasa setiap hari dengan hidup baru yakni menerapkan protokol kesehatan (prokes),” ujarnya.

Oleh karena itu, imbuhnya, diharapkan masyarakat harus meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, agar kesehatan masyarakat pulih yang diiringi dengan bangkit ekonomi secara normal kembali.

"Karena kalau bukan kita siapa lagi, yakni dalam rangka melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Agus Mulyono memastikan ketersediaan vaksin bisa memenuhi target vaksinasi sebanyak dua puluh satu ribu orang dalam kurun waktu satu minggu.

“Petugas medis atau vaksinator berasal dari berbagai unsur, di antaranya Dinas Kesehatan, Polres dan Kodim 0827 Sumenep dan pelaksanaan vaksinasi ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumenep, lebih-lebih sekarang ini di Madura sudah ada pasien Covid-19 yang terinfeksi varian India,” terangnya. (aln/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Belajar dari Kisah Nabi Isa, Warga di Sumenep Doa Bersama Tiup Kepala Kambing':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO