Kamis, 29 Juli 2021 05:24

Petronas Akan Survei Migas di Wilayah Perairan Gresik Utara

Rabu, 16 Juni 2021 13:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Petronas Akan Survei Migas di Wilayah Perairan Gresik Utara
Bupati Gus Yani, Wabup Bu Min, bersama pihak SKK Migas dan Petronas usai kegiatan sosialisasi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Difasilitasi SKK Migas, Petronas berencana melakukan survei lapangan Bukit Panjang di wilayah lepas Pantai Utara Gresik Provinsi Jawa Timur PC Ketapang II Ltd.

Survei akan dilakukan di sepanjang Pantai Gresik sejauh 29 kilometer yang akan dilakukan mulai tanggal 1 sampai 9 Juli 2021. Sedangkan total panjang survei yang dilaksanakan Petronas sejauh 137 km dimulai dari wilayah pantai di Madura.

Hal ini terungkap saat sosialisasi di Ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik,  Rabu (26/6/2021).

Manajer Senior SKK Migas Jabanusa Doni Arianto menyatakan kedatangannya untuk meminta izin terkait survei lapangan Bukit Panjang di Wilayah Lepas Pantai Utara yang akan dilakukan Petronas.

BACA JUGA : 

Pertamina EP Cepu Zona 11 Regional Jawa Timur Gelar Sosialisasi Pengeboran Sumur Kasuari Emas

CSR Pertamina Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Bantu Pengembangan Wisata

Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina Kuatkan Relasi dengan Pers

Kepala SKK Migas Minta Lapangan Gas JTB On-Stream Segera Terwujud

"Survei yang dilakukan oleh Petronas ini akan dilakukan melintasi wilayah Manyar, Bungah, dan Sidayu. Survei ini bertujuan untuk memeriksa kontur permukaan dasar laut," ucapnya.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menyatakan dukungannya. "Kami berharap dalam pelaksanaan survei kali ini tidak merugikan masyarakat terutama masyarakat nelayan. Tolong kepada pihak terkait agar sosialisasi kali ini bisa sampai ke masyarakat, terutama pada masyarakat terdampak yaitu para nelayan," pinta bupati saat membuka sosialisasi.

Sementara Manajer Senior GSR Petronas Andiono Setiawan menyatakan bahwa survei akan dilaksanakan oleh pihak ketiga. "Pelaksanaan surveinya hanya ada kapal, yaitu kapal trinity yang berjalan di sepanjang pantai. Kapal itu melaksanakan scan sonar survei pada permukaan dasar laut," katanya.

Kegiatan sosialisasi ini difasilitasi oleh Asisten II Ida Lailatussa’diyah sebagai moderator. Dia meminta kepada pihak Petronas tidak mengganggu lalu lintas nelayan dalam melaksanakan survei. Permintaan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia).

"Kami meminta agar pihak Petronas juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat nelayan sebelum melaksanakan survei," pinta Ketua HNSI Gresik, Samaun.

Dalam sosialisasi itu juga hadir Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, pihak SKK Migas, Petronas, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perikanan, para anggota Muspika Kecamatan Manyar, Bungah, dan Sidayu. (hud/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...