Tentukan Waktu Shalat, Tim Gabungan Kemenag Jatim Observasi di Tuban

Tentukan Waktu Shalat, Tim Gabungan Kemenag Jatim Observasi di Tuban Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), bersama BHR Kemenag Jatim dan Tuban serta Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur saat mengadakan Rukyat Syafaq dan Fajar Shodiq di Pantai Boom.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (), bersama Badan Hisab Rukyat (BHR) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jatim dan Tuban serta Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur mengadakan Rukyat Syafaq dan Fajar Shodiq di Pantai Boom Kabupaten Tuban.

Hal itu dilakukan untuk menentukan jadwal shalat secara tepat. "Kementerian Agama dalam menentukan ketetapan waktu ada dua patokan, yang pertama dalam kebenaran syar'i dan kedua kebenaran ilmi," ujar Kasi Kemasjidan, Hisab Rukyat, dan Bina Syari'ah Kanwil Kemenag Jatim, A. Fauzi, Senin (15/6/2021).

Menurutnya, konsep kebenaran secara syar'i harus benar, terbuka, dan dapat di pertanggungjawabkan secara benar jika dikaji dari berbagai sisi. Sedang kebenaran ilmi harus dibuktikan dengan eksperimen.

"Kalau memang sudah betul nyatanya, begitu terbukti ada datanya harus dijadikan dasar. Sehingga dalam menetapkan suatu hukum tidak ada keraguan dari masyarakat dan bisa dipertanggungjawabkan," jelas A. Fauzi.

Ia berharap, usaha ini bisa memberikan pencerahan kepada pihak-pihak yang selama ini menggugat jadwal shalat.

"Terdapat dua observasi yang dilakukan. Yakni, observasi syafaq merah dan syafaq putih di pantai Boom Tuban. Kemudian dilanjutkan dengan kecemerlangan langit dan dilanjutkan observasi Fajar Shodiq," jelasnya.

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO