Rabu, 23 Juni 2021 15:57

Temui Pendemo Buruh PT New Era, Bupati Gus Yani Beri Waktu Seminggu Perusahaan Penuhi Tuntutan

Jumat, 11 Juni 2021 20:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Temui Pendemo Buruh PT New Era, Bupati Gus Yani Beri Waktu Seminggu Perusahaan Penuhi Tuntutan
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat mempertemukan perwakilan buruh dengan manajemen PT New Era. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ratusan buruh PT New Era di Jalan Mayjen Sungkono, Kecamatan Kebomas kembali menggelar aksi demo di depan Kantor Bupati Gresik usai Salat Jumat, Jumat (11/6/2021) siang.

Seperti demo sebelumnya, mereka menutut empat tuntutan, yaitu, menuntut pemberian tunjangan hari raya (THR) tahun 2021 yang belum diberikan secara penuh, pembayaran tunggakan upah selama kurang lebih 4 bulan, menuntut kepastian tanggal masuk kerja yang belum ada kejelasan, dan menolak restrukturisasi upah Rp 3 juta.

Perwakilan buruh kemudian melakukan perundingan dengan pihak manajemen dengan dimediatori Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani didampingi Kadisnakertrans Ninik Asrukin beserta pejabat terkait, di Ruang Putri Cempo, Kantor Bupati Gresik.

Perundingan dimulai pukul 15.30 WIB dan baru berakhir pukul 17.30 WIB lebih. Kemudian, Bupati Gus Yani menemui para buruh pabrik New Era di halaman Kantor Bupati Gresik.

BACA JUGA : 

Pengisian Sekda Gresik Tunggu Izin Mendagri, Bagaimana dengan Andhy Hendro? Ini Penjelasan Pj Sekda

Hadiri Temu Kader Bara JP Gresik, Bupati Gus Yani Ajak Jadi Pelopor Prokes Covid-19

Bupati Gresik Dorong Daerah Terkait Bersinergi Tuntaskan Penanganan Kali Lamong

Pandemi Covid-19 Belum Usai, Wabup Bu Min Ajak ASN Beri Contoh Tegakkan Prokes

Di hadapan buruh, Gus Yani memberikan tenggat waktu sepekan kepada pihak manajemen PT New Era untuk menyelesaikan tuntutan buruh, dan akan memberikan subsidi terdampak pandemi Covid-19 kepada para buruh New Era.

Gus Yani menemui buruh dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari kantor bupati itu, kemudian dengan menggunakan alat pengeras suara, menyampaikan hasil keputusan perundingan.

"Gaji dan THR yang tertunggak dalam bentuk hutang segera dibayarkan. Kami punya anggaran refocusing tekait penanganan pandemi Covid-19, terkait pemulihan ekonomi nasional, subsisdi upah, ini kami tawarkan ke perusahaan," katanya di hadapan pendemo.

Dikatakan Gus Yani, pemerintah hadir di tengah-tengah perusahaan dan karyawan. Subsidi upah akan diberikan setelah perusahaan memberikan kewajiban utang sebagai hak karyawan.

"Perusahaan meminta waktu satu minggu ke depan, menghitung dulu kemampuan keuangan. Satu minggu karyawan jangan kerja dulu selagi ada komitmen perusahaan menyelesaikan utangnya. Ketika ada komitmen, pemerintah akan berikan subsidi upah dan karyawan boleh kerja kembali," ujarnya.

Bupati menyebut poin keputusan ini merupakan hasil kesepakatan bersama. "Kita beri waktu satu minggu, perusahaan lakukan pembayaran hutang kepada para karyawan," pungkasnya. (hud/ian)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...