Lepas Ekspor PT Sun Paper Source dan Sidak Harga Pasar Legi Mojosari, Wamendag: Ekspor Kita Surplus

Lepas Ekspor PT Sun Paper Source dan Sidak Harga Pasar Legi Mojosari, Wamendag: Ekspor Kita Surplus Wamendag Jerry Sambuaga didampingi Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Disperidag Jatim, dan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, memberangkatkan 10 kontainer produk ekspor PT Sun Paper Source, Kamis (10/6) sore.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia didampingi Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur, dan , memberangkatkan 10 kontainer produk PT Sun Paper Source, Kamis (10/6) sore. PT Sun Paper Source merupakan pabrik tisu terbesar ke-2 di Asia Tenggara, yang berada di Kecamatan Ngoro.

Wamendag pada acara itu mengatakan, nilai Indonesia mengalami kenaikan yang cukup baik, meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

“Neraca perdagangan Indonesia per April 2021, mengalami surplus cukup besar. Ini adalah hal yang baik, meski kita dalam masa pandemi Covid-19. Sampai saat ini kita sudah melakukan 23 perjanjian dagang seluruh dunia. Pada hari ini berjalan, kita akan menyelesaikan 12 perjanjian,” kata Wamendag Jerry.

Selain itu, wamendag juga mengatakan bahwa saat ini, Kementerian Perdagangan tengah mendorong program percepatan implementasi sistem resi gudang (SRG). Hal ini diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan perdagangan.

“SRG dapat menjadi sebuah instrumen yang memberikan manfaat berupa sarana pembiayaan serta sarana tunda jual untuk kelancaran perdagangan komoditas. SRG sangat berhubungan dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan. Maka, kami minta semua pemangku kepentingan mulai pemda/pemkab/pemkot, asosiasi, dan pelaku usaha untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan SRG,” tambah Jerry.

Sedangkan Wagub Emil Elestianto Dardak, pada sambutan arahannya menyebut salah satu faktor penting dalam mendukung kehidupan perekonomian perdagangan adalah konektivitas. “Perdagangan dan ekonomi bisa lancar, kalau konektivitasnya juga baik. Ini adalah tugas kami di Pemerintah Provinsi Jawa Timur, agar bisa mewadahi itu semua,” kata Emil.

Usai kegiatan ini, Bupati mendampingi Wamendag Jerry melakukan sidak harga barang kebutuhan pokok di Pasar Legi Mojosari. (yep/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO