Rabu, 28 Juli 2021 20:43

Tingkatkan Kreativitas WBP, Lapas Narkotika Pamekasan Jalin Kerja Sama dengan Sejumlah Instansi

Rabu, 09 Juni 2021 15:50 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Tingkatkan Kreativitas WBP, Lapas Narkotika Pamekasan Jalin Kerja Sama dengan Sejumlah Instansi
Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan tanda tangani MoU kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumenep, Subdenpom V/4-3 Pamekasan, dan SMKN 2 serta SMKN 3 Pamekasan di ruang aula Lapas Narkotika Pamekasan, Rabu (9/6/2021). (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan tanda tangani MoU kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumenep, Subdenpom V/4-3 Pamekasan, dan SMKN 2 serta SMKN 3 Pamekasan di ruang aula Lapas Narkotika Pamekasan, Rabu (9/6/2021).

Penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) dengan BNNK Sumenep sebagai upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sosial maupun medis. Sedangkan MoU dengan Subdenpom V/4-3 Pamekasan di bidang keamanan dan ketertiban.

Sedangkan, penandatanganan kerja sama dengan SMKN 2 dan SMKN 3 Pamekasan dalam bentuk pelatihan yang terdiri dari pelatihan pengelasan, pelatihan tata boga pembuatan roti, dan tata busana.

Selain penandatanganan MoU, juga digelar kegiatan pembinaan kemandirian bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

BACA JUGA : 

Peduli Relawan Covid-19, Polres Pamekasan Berikan Bantuan Sembako untuk FRPB

Bupati Pamekasan Tolak Rencana Pemerintah Pusat Soal Revisi PP 109 Tahun 2021

Bupati Baddrut Tamam dan Kajari Sepakati Pendampingan Hukum untuk Program Prioritas Pamekasan

Usai Lebaran, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kembali Geledah Kamar Hunian dan WBP

Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Sohibur Rachman, Kepala Sekolah SMKN 2 Pamekasan Sri Indrawati, Kepala Sekolah SMKN 3 Pamekasan Miftahul, Kepala BNNK Sumenep Bambang Sutrisno, Komandan Subdenpom V/4-3 Lettu CPM Maskun, dan seluruh pejabat struktural dan pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, serta 17 orang WBP perwakilan peserta pelatihan pembinaan kemandirian.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMKN 3 Pamekasan Miftahul mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kepala Lapas Narkotika Pamekasan dan jajaran terkait kerja sama dalam pelatihan kemandirian tersebut.

"Kami sangat bangga karena ikut andil dalam membina narapidana menjadi lebih baik dan pelatihan ini akan menjadi modal berharga bagi mereka setelah selesai menjalani masa pidananya," kata Miftahul.

Senada, Kepala Sekolah SMKN 2 Pamekasan Sri Indrawati juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja sama tersebut.

Sementara itu, Kalapas Narkotika Kelas II A Pamekasan Sohibur Rachman mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan menjalin kerja sama antara lapas dengan instansi terkait.

"Kita rancang kegiatan penandatanganan kerja sama ini berbarengan dengan acara penutupan pelatihan dasar konstruksi dan pembukaan pelatihan pengelasan, tata boga, dan menjahit bersama dengan SMKN 2 Pamekasan dan SMKN 3 Pamekasan agar pihak luar mengetahui bentuk pembinaan kita kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menekankan pada nilai pemasyarakatan," ujar Sohibur Rachman.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pembinaan kita kepada warga binaan agar mereka dapat berubah jadi lebih baik lagi dan tentunya ini juga merupakan bekal bagi mereka setelah nanti mereka kembali kepada masyarakat lagi,” pungkas Sohibur Rachman.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan sertifikat pelatihan konstruksi dan penyematan kartu peserta pelatihan tata boga, pelatihan pengelasan, dan pelatihan tata busana secara simbolis kepada WBP peserta pelatihan. (yen/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...