Di FGD Unair, Ketua DPD RI: Ambang Batas Pencalonan Presiden Pangkal Masalah

Di FGD Unair, Ketua DPD RI: Ambang Batas Pencalonan Presiden Pangkal Masalah Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menjadi Keynote Speaker pada seminar dan focus group discussion (FGD) di Unair.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bertempat di Fakultas Pascasarjana Universitas Airlangga, Ketua AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menjadi Keynote Speaker pada seminar dan focus group discussion (FGD) bertajuk Gagasan Amandemen V UUD NRI 1945: Penghapusan Ambang Batas Pencalonan Presiden dan Membuka Calon Presiden Perorangan.

"Mengapa saya datang ke kampus-kampus untuk diskusi? Mungkin ada yang bertanya ada apa ketua bicara konstitusi, bukannya adalah wakil daerah yang harus fokus memperjuangkan kepentingan daerah?" ujar mantan Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur ini di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/6/2021).

Menurut mantan Ketua PSSI ini, sejak dilantik sebagai Ketua pada Oktober 2019 lalu, dia memutuskan untuk turun langsung ke daerah melihat dan mendengar aspirasi serta permasalahan yang dihadapi daerah. Hingga hari ini, LaNyalla sudah keliling ke-32 provinsi di Indonesia, hanya kurang dua saja yakni Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Dari perjalanan itu, LaNyalla menyimpulkan hampir semua permasalahan di daerah ini sama, mulai dari persoalan sumber daya alam daerah yang terkuras hingga kemiskinan yang jauh dari kata mandiri. Ternyata akar persoalannya ada di hulu bukan di hilir.

Akar persoalan yang ada di hulu adalah ketidakadilan sosial. Padahal keadilan sosial adalah tujuan hakiki dari lahirnya negara ini seperti dicita-citakan para pendiri bangsa dan menjadi sila pamungkas dari Pancasila.

"Hal ini terjadi karena adanya kekuatan modal dan kapital dari segelintir orang untuk mengontrol dan menguasai kekuasaan," tegas LaNyalla.

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO