Kamis, 29 Juli 2021 09:33

Terjatuh, Pekerja Tambang di Tuban Tewas

Selasa, 08 Juni 2021 19:48 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
Terjatuh, Pekerja Tambang di Tuban Tewas
Korban berhasil dievakuasi dari dasar tambang dalam kondisi meninggal dunia dengan luka parah di kepala. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Nasib nahas menimpa Sukiman (48), pekerja sekaligus pemilik tambang batu kapur warga RT 02 RW 04 Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Pasalnya, dia terjatuh ketika melakukan aktivitas di lokasi tambang batu kapur Dusun Singget, Desa Pucangan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (8/6/2021) siang. Akibatnya, nyawa korban pun tidak tertolong dan tewas di lokasi kejadian.

Babinsa Pucangan Koramil Palang Koptu Arifin menyampaikan, pekerja yang juga pemilik tambang batu kapur itu tewas dengan kondisi luka parah. Korban jatuh dari ketinggian puluhan meter lantaran alat derek yang digunakan korban jatuh karena tiang penyangganya patah. Korban meninggal di tempat sebelum mendapatkan pertolongan.

"Korban bekerja di lokasi tambang batu kapur miliknya. Saat itu, korban sedang menaikkan batu kapur dari bawah atau dari dalam tambang," terang Koptu Arifin setelah membantu evakuasi korban.

BACA JUGA : 

Masa Berlaku SIM Habis Saat PPKM, Masyarakat Tuban Masih Bisa Urus Perpanjangan

PPKM Diperpanjang, Kemenag Tuban Sediakan Swab Antigen Gratis bagi Calon Pengantin

BPNT Belum Cair Selama Tujuh Bulan, 15 KPM Luruk Dinsos Tuban

Kader Posyandu Ikut Dilibatkan dalam Tim Tracer Covid-19 di Tuban

Saat itu korban memindahkan batu kapur dari dasar ke atas lokasi dengan ketinggian sekitar 40 meter.

Untuk mengangkat batu kapur dari dalam tambang, korban menggunakan alat derek yang dibuat secara manual dengan ditarik tenaga listrik. Namun, saat itu alat derek yang digunakan mengangkat batu yang terpasang di atas lokasi tiba-tiba putus karena tiang penyangganya patah.

"Karena posisi Sukiman sangat dekat dengan tiang derek yang patah, korban tidak bisa menghindar dan ikut terseret. Dia terjatuh bersamaan dengan tiang derek yang patah tersebut ke dalam galian batu kumbung," tambahnya.

Mengetahui korban sudah dalam kondisi terjatuh ke dalam lokasi tambang dengan kedalaman puluhan meter itu, sejumlah karyawan atau pekerja korban berusaha menolongnya. Korban berhasil dievakuasi dari dasar tambang dalam kondisi meninggal dunia dengan luka parah di kepala.

"Korban meninggal di tempat. Korban mengalami luka retak pada kepalanya dan banyak mengeluarkan darah. Adapun untuk patahnya pangkal tiang penyangga derek itu diduga karena tidak kuat menahan beban muatan batu kumbung yang terlalu berat," pungkas Koptu Arifin. (wan/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...