Rabu, 04 Agustus 2021 13:50

Pelaku Pembuang Sampah di Sungai Brantas Akan Diobatkan

Senin, 07 Juni 2021 13:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Pelaku Pembuang Sampah di Sungai Brantas Akan Diobatkan
Aktivis Lingkungan Kota Kediri, Endang Pertiwi, saat berbincang-bincang dengan Sung, kakak pelaku pembuangan sampah di Sungai Brantas. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Cuan (50), warga Jalan Patimura, Kota Kediri, yang kedapatan membuang sampah di Sungai Brantas rencananya akan diobatkan. Mengingat yang bersangkutan diduga ada keterbelakangan mental.

Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri Agus Dwi Ratmoko saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak keluarga dan Dinas Sosial Kota Kediri guna menanganan lebih lanjut. Bila dimungkinkan, yang bersangkutan akan diobatkan.

"Petugas telah menindaklanjuti pengaduan masyarakat. Setelah diperiksa yang bersangkutan ternyata diduga ada keterbelakangan mental. Meski begitu yang bersangkutan tetap diamankan, karena telah menyalahi aturan yaitu membuang sampah di Sungai Brantas," katanya, Senin (7/6).

Agus Dwi mengatakan, pelaku pembuang sampah itu saat ini sudah diantar pulang dan diserahterimakan kepada pihak keluarga usai diamankan dan diperiksa.

BACA JUGA : 

PPKM Level 4 Diperpanjang, Wali Kota Kediri Pastikan Terus Galakkan Tracing dan Testing

Klinik di Kota Kediri Dilarang Tolak Pasien Ibu Hamil Terkonfirmasi Positif Covid-19

ASN dan Dharma Wanita Kominfo Kota Kediri Bagikan 100 Nasi Kotak di TPA Klotok

Kunjungi Vaksinasi Anak Usia 12 Tahun, Wali Kota Kediri: Edukasi Pemkot Kediri Berjalan dengan Baik

"Kami juga sudah berpesan kepada keluarga pelaku agar mengawasi dan menasihati agar tidak membuang sampah lagi di sungai," ujar Agus Dwi.

Sementara itu, Sung, kakak pelaku, ketika ditemui di rumahnya mengaku sudah sering mengingatkan adiknya itu untuk tidak membuang sampah di Sungai Brantas.

"Saya sudah sering mengingatkan, tapi kalau saya ingatkan malah marah-marah. Tapi kalau diingatkan orang lain, tidak marah. Tapi ya mengulanginya lagi," kata Sung usai menerima aktivis lingkungan, Endang Pertiwi dan tim.

Sedangkan Endang Pertiwi, membenarkan bahwa pelaku memang sudah lama menderita keterbelangan mental.

"Dari cerita kakaknya, pelaku itu memang sering mengumpulkan sampah yang diperoleh dari tempat sampah. Sampah itu ada yang ditumpuk di dalam rumahnya, ada yang diberikan orang lain, terutama sampah plastik, dan memang ada yang dibuang di Sungai Brantas," kata Endang.

"Melihat kondisi pelaku dan keluarganya, kayaknya perlu mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kota Kediri. Kami dari relawan juga akan membatu, tentunya sesuai dengan kemampuan kami," tutup Endang. (uji/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...