Kamis, 29 Juli 2021 11:35

Mars Pancasila Rutin Berkumandang di Kota Kediri Tiap Pukul 14.00

Minggu, 06 Juni 2021 22:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Mars Pancasila Rutin Berkumandang di Kota Kediri Tiap Pukul 14.00
Karyawati di sebuah mall saat ikut menyanyikan Mars Pancasila. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gerakan rutin mengumandangkan lagu Mars Pancasila oleh Pemerintah Kota Kediri sudah mulai dilaksanakan. Gerakan yang dimulai sejak 1 Juni 2021 ini bertujuan untuk memupuk jiwa nasionalisme masyarakat Kota Kediri. Masyarakat Kota Kediri diajak mendengarkan Mars Pancasila setiap hari pada pukul 14.00 WIB.

Mars Pancasila ini diputar di tempat-tempat publik seperti di pusat perbelanjaan dan traffic light yang ada di Kota Kediri. Pusat perbelanjaan sudah memulai gerakan mengumandangkan Mars Pancasila sejak kebijakan ini dikeluarkan. Seperti yang dilakukan di Kediri Mall dan Dhoho Plaza. Kedua pusat perbelanjaan ini serentak mengumandangkan Mars Pancasila pada pukul 14.00 WIB.

"Sejak tanggal 1 Juni 2021, kita sudah mengumandangkan Mars Pancasila sampai hari ini pada jam 14.00 WIB,” ungkap Arif Yudianto selaku pihak pengelola Kediri Mall, Minggu (6/6).

Kebijakan ini, lanjut Arif, dilakukan setelah pihaknya menerima pemberitahuan dari Pemerintah Kota Kediri. Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, ia mengaku sudah memberitahukan kepada pengunjung agar berhenti beraktivitas sebentar saat lagu Mars Pancasila ini diputar melalui pengeras suara.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial Beras untuk 21.998 KPM

Kilas Balik Sejarah Hari Jadi Kota Kediri ke-1142, Pemkot Pamerkan Foto Tempoe Doeloe

Bantu Produk Tembus Pasar Internasional, Gubernur Khofifah Launching Rumah Kurasi di Kota Kediri

Dukung Percepatan Herd Immunity, Wali Kota Kediri Apresiasi Vaksinasi BI dan OJK Kediri

"Mereka juga akan selalu mendukung kebijakan dari pemerintah terkait menumbuhkan jiwa nasionalisme di lingkungan masyarakat," katanya.

Arif Yudianto juga berpesan agar pemerintah giat melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi mendukung gerakan mengumandangkan Mars Pancasila di tempat publik.” Kami juga berharap kegiatan seperti ini akan selalu dilakukan untuk seterusnya," pungkasnya.

Senada dengan Arif Yudianto, pihak pengelola Dhoho Plaza, Febri Ariana juga melaksanakan gerakan memutar lagu Mars Pancasila di area Dhoho Plaza, rutin setiap hari pada pukul 14.00 WIB.

Sedikit berbeda dengan tempat lain, pengelola Dhoho Plaza tidak memberikan imbauan terlebih dahulu sebelum lagu Mars Pancasila diputar. Para karyawan hanya memberikan contoh dengan berhenti beraktivitas sebentar saat lagu Mars dikumandangkan. Sehingga pengunjung akhirnya juga mengikuti apa yang dilakukan oleh para karyawan Dhoho Plaza dengan berhenti beraktivitas dan mendengarkan lagu Mars Pancasila.

"Cara kami memberitahukan kepada pengunjung bukan melalui imbauan lewat pengeras suara, namun memberikan contoh dengan berhenti beraktivitas sebentar dan mendengarkan lagu Mars Pancasila sehingga pengunjung mengikuti apa yang dilakukan oleh para karyawan kami," ungkap Febri Ariana.

Ia berharap gerakan untuk membangkitkan jiwa Nasionalisme seperti ini akan terus dilakukan seterusnya. "Kami dari pihak pengelola begitu senang dengan adanya gerakan seperti ini, dan semoga tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi akan terus dilakukan rutin setiap hari. Kegiatan seperti ini dapat memupuk rasa nasionalisme untuk masyarakat Kota Kediri," pungkas Febri Ariana.

Sementara itu, Fitriana Dewi salah satu pengunjung mall mengaku belum mengetahui adanya gerakan mendengarkan lagu Mars Pancasila ini. Dia baru mengetahui ketika berkunjung ke Kediri Mall untuk berbelanja kebutuhan.

"Saya sebenarnya belum tahu kalau ada gerakan mendengarkan lagu Mars Pancasila ini. Saya baru mengetahui lewat imbauan pengelola Kediri Mall sebelum gerakan ini dilaksanakan," ungkap Fitriana Dewi.

Dia juga merasa senang dengan gerakan seperti ini, karena dapat menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di dalam dirinya. Fitriana juga berpesan agar lagu Mars Pancasila ini tidak hanya diputar di pusat perbelanjaan saja. Namun juga diputar di area publik dan fasilitas umum lainnya.

"Semoga pemerintah juga mengumandangkan lagu Mars Pancasila ini di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta, terminal, dan di area perkantoran. Agar nilai-nilai Pancasila selalu ada dalam aktivitas kita sehari-hari," pungkasnya. (uji/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...