Rabu, 04 Agustus 2021 13:01

Peringati HLH, DLH Kota Batu Gelar Rembukan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Shining Brantas

Minggu, 06 Juni 2021 20:19 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Peringati HLH, DLH Kota Batu Gelar Rembukan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Shining Brantas
Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko menandatangani komitmen bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan bersama forkopimda dan pegiat lingkungan.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2021, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Rembukan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Shining Brantas di Wana Wisata Coban Talun, Minggu (6/6) pagi.

Peringatan tahun ini mengambil tema “Mewujudkan Restorasi Ekosistem Melalui Shining Brantas Sebagai Upaya Untuk Menjaga dan Melestarikan Hulu Sungai Brantas.”

Kepala DLH Kota Batu Aris Setyawan mengatakan, tema restorasi ekosistem ini diambil untuk mewujudkan kelestarian air Kota Batu sebagai Hulu Sungai Brantas yang mengaliri 17 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

"Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Kota Batu ada di angka 83,52%, telah melampaui IKLH di tingkat nasional yakni 76%. Tetapi indeks kualitas air kita masih rendah. Saat ini kita fokus untuk meningkatkannya," kata Aris.

BACA JUGA : 

Terdampak PPKM, Istri Sakit, Driver Ojol di Kota Batu ini Terpaksa Utang Tetangga Untuk Beli Obat

Masih Zona Merah, BOR RS di Kota Batu Capai 97,10 Persen

Perpanjangan PPKM, Pemkot Batu Salurkan Bantuan Pangan Beras

Peduli Warga Terdampak PPKM, Komunitas Gekrafs Batu Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Nasi Siap Saji

Menurutnya, upaya restorasi ekosistem di Kota Batu berfokus pada lima hal, Restorasi Kelembagaan, Restorasi Ekologi melalui penanaman pohon, Restorasi Hidrologi dengan menjaga kualitas dan kuantitas air, Restorasi Morfologi dengan menjaga garis sungai, dan Restorasi Sosial Ekonomi melalui edukasi dan sosialisasi.

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, mengatakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan harus dilakukan secara berkesinambungan.

"Kita harus bisa lebih memberikan pemahaman dan sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan, tidak hanya membuang sampah pada tempatnya. Tetapi juga mengurangi penggunaan bahan kimia untuk menjaga sumber air kita," kata wali kota.

Dalam kesempatan kali ini juga dilakukan penandatangan komitmen bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan oleh Wali Kota Batu, Forkopimda Kota Batu, dan Pegiat Lingkungan. (asa/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...