Kamis, 29 Juli 2021 10:01

Nekat Buang Sampah 4 Karung di Sungai Brantas, ODGJ di Kota Kediri Diamankan Satpol PP

Minggu, 06 Juni 2021 16:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Nekat Buang Sampah 4 Karung di Sungai Brantas, ODGJ di Kota Kediri Diamankan Satpol PP
Petugas Satpol PP Kota Kediri saat mengamankan ODGJ yang sering membuang sampah di Sungai Brantas.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Seorang lelaki paruh baya terlihat membawa 4 karung sak berisi berbagai macam sampah, menuju Jembatan Brawijaya, Kota Kediri, Minggu (6/6) sekitar pukul 09.30 WIB.

Sejurus kemudian, orang yang belakangan diketahui sebagai ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) itu mulai membuang isi karung berupa sampah ke Sungai Brantas. Satu per satu isi sak dibuangi ke Sungai Brantas dari atas Jembatan Brawijaya.

Semua pengguna jalan menyaksikan hal itu dan ada yang menginformasikan hal itu kepada Satpol PP Kota Kediri. Mendapat informasi itu, petugas pun bergegas menuju ke Jembatan Brantas dan mengamankan orang itu.

"Menindaklanjuti taruna terkait adanya orang yang membuang sampah di Sungai Brantas, kami langsung menuju jembatan Brawijaya," kata Sekretaris Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid, Minggu (6/6).

BACA JUGA : 

Cuci Jeroan Daging Kurban di Sungai Brantas, Pemuda di Kediri Tenggelam, Sempat Berenang Bolak-balik

Satpol PP Kota Kediri Tutup Pusat Pertokoan Jalan Dhoho dan Patimura

Gelar ​Patroli, Satpol PP Kota Kediri Tindak Warnas dan Warkop yang Masih Sediakan Kursi

Tangani ODGJ di Kota Kediri, Pemkot Bangun Posyandu Jiwa di 6 Puskesmas

Menurut Nur Khamid, setelah diketahui orang tersebut ODGJ, maka tindak lanjut yang dilakukan adalah mengamankan dan kemudian diserahterimakan ke pihak keluarga.

"Kami telah meminta kepada pihak keluarga untuk lebih menjaga yang bersangkutan agar tidak mengulangi perbuatannya," pungkas Nur Khamid.

Sementara itu, aktivis sekaligus pemerhati lingkungan Kota Kediri, Endang Pertiwi, mengatakan bahwa tim relawannya sudah pernah memergoki secara langsung ketika yang bersangkutan membuang sampah di Sungai Brantas.

Ketika itu, lanjut Endang, pihaknya sudah berusaha mengingatkan yang bersangkutan. Akan tetapi, sepertinya yang bersangkutan kurang begitu memerhatikan peringatan itu. Belakangan diketahui yang bersangkutan adalah ODGJ.

Meski ODGJ, lanjut Endang, bukan berarti harus dibiarkan membuang sampah di sungai. "Lebih-lebih informasi yang kami peroleh, sudah dilakukan sejak lama. Harus ada solusi agar yang bersangkutan tidak membuang sampah lagi di Sungai Brantas," katanya.

"Kami bersama aktivis lingkungan lainnya, berencana akan bertandang ke rumah keluarga beliau untuk mengajak keluarga beliau berdiskusi untuk mencari solusi bersama," ujar Endang.

Sedangkan salah satu netizen menginformasikan bahwa orang tersebut sudah 15 tahun ini memang selalu membuang sampah di Sungai Brantas.

"Berangkat dari rumah dengan membawa sak yang berisi sampah. Di tengah perjalanan, ia juga memasukkan sampah ke dalam sak dan membawanya ke Sungai Brantas untuk dibuang. Memang harus ada solusi, mengingat yang bersangkutan ternyata ODGJ," ujar netizen itu. (uji/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...