Kamis, 29 Juli 2021 15:11

Ferry dan Yoraisa Dinobatkan Sebagai Cak-Yuk Gresik 2021

Minggu, 06 Juni 2021 00:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Ferry dan Yoraisa Dinobatkan Sebagai Cak-Yuk Gresik 2021
Ferry dan Yoraisa saat dinobatkan sebagai Cak dan Yuk Gresik 2021. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ferry Fahrial Rahmad dan Yoraisa Ghany Setiawan dinobatkan sebagai Duta Cak dan Yuk Gresik Tahun 2021. Mereka dinyatakan sebagai pemenang kontes Cak dan Yuk Gresik setelah berhasil menyisihkan 13 pasangan Cak dan Yuk mulai 14 besar, 7 besar, 3 besar, hingga dinobatkan sebagai juara I.

Mereka dinyatakan terpilih dan dinobatkan sebagai Duta Wisata Gresik dalam Anugerah Wisata Gresik (AWG) 2021yang digelar di halaman Kantor Bupati Gresik, Jalan Dr. Wahidin SH, Kecamatan Kebomas, Jumat (4/6/2021) malam.

Sebelumnya, para finalis Cak dan Yuk Gresik yang masuk dalam 14 besar menjalani sejumlah sesi uji kepiawaian dalam menguasai materi, mulai kepariwisataan di Gresik, kiat-kiat dalam memajukan pariwisata dalam situasi pandemi Covid-19, dan mengajak masyarakat dan pelaku pariwisata agar menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Mereka juga menjalani uji pertanyaan dari sejumlah juri, maupun pejabat Pemkab Gresik. Para penanya di antaranya, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Wabup Aminatun Habibah (Bu Min), Ketua Dekranasda Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani, dan Pj. Sekda Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno.

BACA JUGA : 

Gandeng Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min, KWG Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Terdampak Covid-19

Kapolda Jatim dan Pangdam Cek PPKM Level IV di Gresik

AKD dan Forkopimcam Manyar Door to Door ke Perusahaan Cari Tabung Untuk Bantu Warga Terpapar Covid

Jelang Masuki Masa Pensiun, Kadinsos Gresik Maksimalkan Penuntasan Tugas Pelayanan Masyarakat

Pemilihan Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik 2021 juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno secara virtual, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Taufik Ismail, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik Agustin Halomoan Sinaga, dan para kepala OPD, camat, lurah, dan kades.

Bupati Gus Yani dalam sambutannya menyatakan, bahwa pemilihan Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik 2021 masuk dalam program 99 hari kerja Nawa Karsa di bawah Pemerintahan Gresik Baru.

"Diharapkan keberadaan Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik bisa membawa angin segar untuk kemajuan dan perkembangan pariwisata di Kabupaten Gresik, dan bisa menggeliatkan roda perekonomian," katanya.

Sementara Sandiaga Salahudin Uno dalam sambutan virtualnya memberikan apresiasi terhadap gelaran malam Anugerah Wisata Gresik (AWG) 2021. Hal ini menunjukkan sektor wisata di Gresik mulai menggeliat.

"Baru-baru ini saya dengan Pak Wagub (Emil Elestianto Dardak) berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari Malang, bahwa ekonomi mulai menggeliat. Di Jawa Timur sendiri setengah ekonomi disumbangkan dari koridor Gresik, Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Karena itu, saya mengajak kepada Bupati Gus Yani untuk terus berpacu dalam menggeliatkan sektor pariwisataan dan ekonomi kreatif. Sebab, di saat pandemi Covid-19, kunjungan pariwisata turun drastis," ungkapnya.

Senada dengan Menparekraf, Emil Elestianto Dardak juga mengajak para pemangku kebijakan dan para pelaku wisata untuk mendorong wisata domestik ketika wisata luar negeri turun drastis dampak pandemi Covid-19.

Emil mengungkapkan, bahwa Gresik yang dikenal dengan kota industri ternyata banyak dijumpai wisata hijau seperti mangrove. Bahkan baru-baru ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menetapkan Kawasan Mangrove di Kecamatan Ujungpangkah sebagai Kawasan Ekosisten Esensial (KEE).

"Ini luar biasa. Kawasan mangrove di Gresik ditetapkan sebagai KEE yang diakui internasional. Ini harus dipertahankan dan dikembangkan," pintanya.

Emil membeberkan, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada bulan Januari-Maret 2021 tumbuh lebih baik dibanding bulan Oktober-Desember 2020. "Ini menunjukkan tren ekonomi mulai tumbuh. Makanya, harus digeliatkan sektor ekonomi, sektor pariwisata. Terlebih Gresik sebagai penyumbang setengah ekonomi di Jatim termasuk Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto," pungkasnya.

Sedangkan Agustin Halomoan Sinaga menyebut, Anugerah Wisata Gresik (AWG) tahun 2021 merupakan salah satu upaya Pemkab Gresik untuk memulihkan ekonomi di masa pandemi Covid-19 melalui sektor pariwisata.

"Di Kabupaten Gresik saat ini memiliki 128 daya tarik wisata dengan didukung oleh 51 kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan 6 desa wisata," ungkap Sinaga.

Dia mengapresiasi kepada para pelaku pariwisata di Gresik yang sudah bersinergi dengan pemkab untuk memulihkan ekonomi di masa pandemi. "Kami sangat apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pelaku pariwisata atas usaha-usaha pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Gresik," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Agustin Halomoan Sinaga juga mengukuhkan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) 2021-2025.

Dalam ajang AWG 2021 juga diadakan lomba wisata kategori wisata alam, buatan, dan budaya.

Pemenang Kategori Wisata Alam

Juara 1 Mangrove Hijau Daun Sangkapura, Pulau Bawean

Juara 2 Pantai Delegan, Kecamatan Panceng

Juara 3 Pantai Selayar, Pulau Bawean

Pemenang Kategori Wisata Buatan

Juara 1 Setigi Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah

Juara 2 Eduwisata Lontar Sewu, Kecamatan Menganti

Juara 3 Kampung Kreasi Sidokumpul, Kecamatan Gresik

Pemenang Wisata Budaya

Juara 1 Makam Sunan Giri, Kecamatan Kebomas

Juara 2 Bukit Surowiti, Kecamatan Panceng

Juara 3 Situs Gosari Wagos, Kecamatan Ujungpangkah. (hud/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...