Rabu, 04 Agustus 2021 12:30

​Situs Ndalem Pojok, Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno

Sabtu, 05 Juni 2021 22:25 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
​Situs Ndalem  Pojok, Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno
Lambang Garuda Pancasila saat dikirab bersama kirab hasil bumi. foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Situs Ndalem Pojok, rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu malam (5/6), menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni dan Hari Lahir Bung Karno 6 Juni secara bersamaan.

Kushartono, Ketua Harian Situs Bung Karno, menjelaskan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno sengaja digelar secara bersamaan, mengingat saat ini masih masa pandemi.

"Dalam acara ini kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta wajib cuci tangan, jaga jarak, dan wajib pakai masker. Begitu juga pelaksanaan sengaja dilakukan di malam hari, agar tidak banyak yang menonton yang menimbulkan kerumunan," katanya, Sabtu malam (5/6).

Menurut Kushartono, bagi sebagian orang, Bung Karno erat kaitannya dengan Kediri. Sebab ada satu pernyataan Bung Karno yang mengatakan ia keturunan Kediri.

BACA JUGA : 

Pastikan Bantuan Sampai di Tangan, Bupati Kediri Datangi Rumah Warga Isoman Pakai Vespa

Tinjau Tempat Isolasi Terpadu di Gedung SKB Kediri, Mas Dhito Akan Siapkan 2 Rumah Sakit Darurat

Baliho Puan Maharani Mulai Tampak di Kediri

Ibu Aminah Akhirnya Meninggal Setelah Ditolak Beberapa RS karena Penuh dan Tidak Ada Oksigen

“Bapak adalah keturunan Sultan Kediri,” demikian kata Presiden Republik Indonesia pertama itu dalam buku biografinya yang amat terkenal ‘Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ karya Cindy Adams.

"Mengingat arti penting Kediri bagi Presiden Soekarno, beberapa relawan dan Pecinta Bung Karno menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Lahir Bung Karno, 6 Juni 2021 ini yang dibarengkan dengan Hari Lahir Pancasila," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kushartono, selain kirab Pancasila, para pecinta Bung Karno juga menggelar doa bersama lintas agama, santunan anak yatim, sedekah bumi, mocopat, dan sarasehan kebangsaan dengan tema Kediri, Kembali ke Jati Diri Bangsa Indonesia.

Berdasarkan konsensus nasional, lanjut Kushartono, Jati Diri bangsa Indonesia adalah manunggalnya keimanan dan kemanusiaan, yang bersumber dari sila pertama dan sila kedua Pancasila, serta Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga.

"Mari kita gelorakan semangat kembali ke Jati Diri Bangsa Indonesia di Hari Kelahiran Bung Karno Sang Penggali Pancasila yang berdarah Kediri," ajaknya. (uji/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...