Sabtu, 24 Juli 2021 07:31

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unicharm Luncurkan 2 Produk dalam Kemasan Kertas

Kamis, 03 Juni 2021 20:57 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unicharm Luncurkan 2 Produk dalam Kemasan Kertas
Kegiatan press conference secara virtual saat memperkenalkan 2 produk yang menggunakan kemasan kertas. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2021, PT Unicharm Indonesia Tbk menghadirkan 2 produk andalannya, yakni Charm (pembalut wanita) dan Protect Pollution Masker dalam kemasan kertas edisi terbatas. Kemasan kertas ini menggunakan 100 persen pulp daur ulang yang merupakan salah satu bahan utama dari produk Unicharm.

Menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia menempati urutan kedua penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia, dan volume sampah plastik di Indonesia bisa mencapai 64 juta ton setiap tahunnya.

Presdir PT Unicharm Indonesia Yuki Ishii menjelaskan, untuk mengurangi dampak pada lingkungan dari penggunaan kantong plastik, pihaknya mencoba menghadirkan produk kemasan kertas. Meski terbatas, tidak menutup kemungkinan akan ada produk yang dibuat kemasan kertas selanjutnya.

"Baik pembalut maupun masker tersebut telah diuji dari sisi tampilan luar kemasan dan produknya dengan asumsi dalam kondisi penyimpanan dan telah memenuhi standar perusahaan," katanya saat press conference virtual, Kamis (3/6/2021).

BACA JUGA : 

Pemkot Surabaya Terima 250 Ribu Masker Medis dan 1.000 Dus Vitamin dari PT Calvary Abadi

​72 Paket Sembako dan Masker Dibagikan Dinsos Kota Kediri ke Warga Isoman

Inilah Kondisi Terkini Arosbaya Bangkalan yang Dulu Dibantai Covid-19

Oksigen, Masker, dan Disinfektan Kita Mandiri, Kecuali Vaksin dan Uang

Adapun untuk masker karena produk dimasukkan langsung ke dalam kemasan kertas, dia memastikan bahwa tidak ada masalah dengan ada atau tidaknya bau yang menempel pada masker, perubahan warna, dan perekat berulang selama penggunaan.

Dengan mengubah ke kemasan kertas, produk Charm dapat mengurangi jumlah plastik yang digunakan sekitar 70 persen dibandingkan dengan paket kemasan sebelumnya, sementara untuk produk Masker Protect Pollution dapat mengurangi jumlah plastik yang digunakan sekitar 80 persen dibandingkan dengan kemasan sebelumnya.

R&D Department PT Unicharm Indonesia Makoto Ichikawa menambahkan, material kertas yang merupakan bahan dasar kemasan, telah terbukti aman dan dapat dipastikan bahwa kandungan logam beratnya di bawah nilai yang ditentukan oleh European Directive 94/62/EC.

Ditambahkan juga oleh Customer Service Manager PT Unicharm Indonesia Heni Indrayati, dengan kemasan ini, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengurangi sampah plastik. Namun tetap dikemas dengan apik dan aman. Selain itu, konsumen tetap mudah mengambil produk dari kemasan kertas tersebut.

"Kemasan kertas kedua produk ini dijual di toko-toko online serta hypermarket dan supermarket tertentu di Indonesia pada minggu awal Juni ini," pungkasnya. (diy/zar)

HUT ke-7 BANGSAONLINE.com, Dimeriahkan Lomba Desain Logo dan Tumpengan Bersama Anak Yatim
Sabtu, 24 Juli 2021 01:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 BANGSAONLINE.com berlangsung khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. HUT ke-7 BANGSAONLINE.com digelar secara terbatas, tapi tetap mengundang para anak yatim untuk doa bersama...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 20 Juli 2021 16:57 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan - Saya ingat ketika sekolah madrasah di kampung. Nama sekolah saya Madrasah Miftahul Choir. Di Desa Patemon, Kecamatan Tanah Merah. Kabupaten Bangkalan Madura.Ustadz Tasik, guru saya, selalu mengingatkan tentang dua kerusa...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...