Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unicharm Luncurkan 2 Produk dalam Kemasan Kertas

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unicharm Luncurkan 2 Produk dalam Kemasan Kertas Kegiatan press conference secara virtual saat memperkenalkan 2 produk yang menggunakan kemasan kertas. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2021, Tbk menghadirkan 2 produk andalannya, yakni Charm (pembalut wanita) dan Protect Pollution Masker dalam kemasan kertas edisi terbatas. Kemasan kertas ini menggunakan 100 persen pulp daur ulang yang merupakan salah satu bahan utama dari produk Unicharm.

Menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia menempati urutan kedua penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia, dan volume sampah plastik di Indonesia bisa mencapai 64 juta ton setiap tahunnya.

Presdir Yuki Ishii menjelaskan, untuk mengurangi dampak pada lingkungan dari penggunaan kantong plastik, pihaknya mencoba menghadirkan produk kemasan kertas. Meski terbatas, tidak menutup kemungkinan akan ada produk yang dibuat kemasan kertas selanjutnya.

"Baik pembalut maupun tersebut telah diuji dari sisi tampilan luar kemasan dan produknya dengan asumsi dalam kondisi penyimpanan dan telah memenuhi standar perusahaan," katanya saat press conference virtual, Kamis (3/6/2021).

Adapun untuk karena produk dimasukkan langsung ke dalam kemasan kertas, dia memastikan bahwa tidak ada masalah dengan ada atau tidaknya bau yang menempel pada , perubahan warna, dan perekat berulang selama penggunaan.

Dengan mengubah ke kemasan kertas, produk Charm dapat mengurangi jumlah plastik yang digunakan sekitar 70 persen dibandingkan dengan paket kemasan sebelumnya, sementara untuk produk Masker Protect Pollution dapat mengurangi jumlah plastik yang digunakan sekitar 80 persen dibandingkan dengan kemasan sebelumnya.

R&D Department Makoto Ichikawa menambahkan, material kertas yang merupakan bahan dasar kemasan, telah terbukti aman dan dapat dipastikan bahwa kandungan logam beratnya di bawah nilai yang ditentukan oleh European Directive 94/62/EC.

Ditambahkan juga oleh Customer Service Manager Heni Indrayati, dengan kemasan ini, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengurangi sampah plastik. Namun tetap dikemas dengan apik dan aman. Selain itu, konsumen tetap mudah mengambil produk dari kemasan kertas tersebut.

"Kemasan kertas kedua produk ini dijual di toko-toko online serta hypermarket dan supermarket tertentu di Indonesia pada minggu awal Juni ini," pungkasnya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO