Pilkades PAW di 6 Desa Kabupaten Pasuruan Sukses Digelar

Pilkades PAW di 6 Desa Kabupaten Pasuruan Sukses Digelar Pilkades PAW di Desa Gempol. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 6 desa di Kabupaten Pasuruan yang mengalami kekosongan jabatan kepala desa lantaran meninggal dunia atau mengundurkan diri, kini sudah terisi oleh pejabat baru melalui pilkades PAW (Pergantian Antar-Waktu).

"Dari 6 desa semuanya sudah menggelar pilkades PAW. Hari ini (Senin, 31/5/2021), di Desa Gempol juga menggelar kegiatan pilkades PAW," ucap Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Pasuruan Nurul Huda kepada BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, pelaksanaan pilkades PAW di Desa Gempol tergolong cukup sukses. Hal tersebut tidak lepas dari kedewasaan masyarakat setempat dan persiapan yang matang para panitia serta dukungan dari jajaran forkopimcam setempat.

Dia menerangkan, mekanisme pencoblosan pilkades PAW dilakukan melalui keterwakilan masyarakat,  mulai dari tokoh masyarakat, unsur perangkat, RT, RW, unsur pendidik, dan kaum wanita.

Dengan rampungnya pilkades PAW di 6 desa ini, DPMD segera melaporkan kepada Bupati Pasuruan untuk dilakukan tahapan jadwal pelantikan. "Langkah ini dimaksudkan agar roda pemerintahan di tingkat desa bisa segera berjalan," pungkasnya.

Sebagai informasi, keenam desa yang sudah menggelar pilkades PAW tersebut, yakni Desa Semare dan Desa Bendungan di Kecamatan Kraton, Desa Trewung di Kecamatan Grati, Desa Sekarputih di Kecamatan Gondangwetan, Desa Tunggulwulung di Kecamatan Pandaan, dan Desa Gempol di Kecamatan Gempol. (bib/par/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO