Luncurkan Produk Wisata Baru, Gubernur Khofifah: Ingin Wisata Alam, Datanglah ke Lumajang

Luncurkan Produk Wisata Baru, Gubernur Khofifah: Ingin Wisata Alam, Datanglah ke Lumajang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meluncurkan produk wisata baru yaitu Desa Wisata Tirtosari View di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Jika ingin berwisata alam, datanglah ke Kabupaten Lumajang. Ungkapan tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur saat meresmikan produk wisata baru Desa di , Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (30/5/2021) sore.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Khofifah yang didampingi oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Kepala Divisi Hubungan Regional dan Keberlanjutan PT HM Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Rumah Kita Sidoarjo Andrianus Muran, Kepala Cik Ono, dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim.

Kemudian, dilanjutkan berkeliling melihat dan berakhir dengan peninjuan expo UMKM berupa hasil bumi, kerajinan, lukisan, dan snack olahan dari .

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa Tirtosari View sudah pantas menjadi referensi desa wisata yang ada di Jawa Timur. "Tentu ini akan menjadi referensi untuk desa wisata yang lain, pokdarwisnya harus semangat, BUMDes-nya harus semangat. Apalagi namanya keren. Tambah keren lagi karena diberi tagline wisata alam wisata amal," katanya.

Dia menambahkan, Desa memiliki fasilitas lengkap seperti terdapat area wisata atau fasilitas seperti kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang jernih dan tanpa kaporit, spot foto dalam air atau underwater, kolam koi dan nila, spot foto malam hari, serta kafe warna-warni yang instagramable.

"Pengembangan unit usaha ini merupakan kolaborasi Pemprov Jatim degan , Pemerintah , serta di tahun 2021 ini didukung oleh PT HM Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo," terangnya.

Oleh karena itu, Khofifah mengajak masyarakat sekitar terutama wisatawan untuk turut serta menjaga keindahan alam dan kelestarian yang ada di desa wisata ini. Serta bagi masyarakat sekitar untuk terus menumbuhkembangkan potensi yang ada di desa wisata ini.

"Untuk spot foto underwater misalnya, tolong dijaga sumber airnya dan kejernihan air. Seluruh wisatawan yang hadir di sini juga mohon bisa menjaga keasrian dan daya dukung alam supaya makin banyak orang yang bisa menikmati dan ketagihan kembali ke sini," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':