Sabtu, 24 Juli 2021 09:24

Luncurkan Produk Wisata Baru, Gubernur Khofifah: Ingin Wisata Alam, Datanglah ke Lumajang

Senin, 31 Mei 2021 10:42 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Imron Ghozali
Luncurkan Produk Wisata Baru, Gubernur Khofifah: Ingin Wisata Alam, Datanglah ke Lumajang
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meluncurkan produk wisata baru yaitu Desa Wisata Tirtosari View di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Jika ingin berwisata alam, datanglah ke Kabupaten Lumajang. Ungkapan tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan produk wisata baru Desa Wisata Tirtosari View di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (30/5/2021) sore.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Khofifah yang didampingi oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Kepala Divisi Hubungan Regional dan Keberlanjutan PT HM Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Rumah Kita Sidoarjo Andrianus Muran, Kepala Desa Penanggal Cik Ono, dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim.

Kemudian, dilanjutkan berkeliling melihat Wisata Tirtosari View dan berakhir dengan peninjuan expo UMKM berupa hasil bumi, kerajinan, lukisan, dan snack olahan dari Desa Penanggal.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa Tirtosari View sudah pantas menjadi referensi desa wisata yang ada di Jawa Timur. "Tentu ini akan menjadi referensi untuk desa wisata yang lain, pokdarwisnya harus semangat, BUMDes-nya harus semangat. Apalagi namanya keren. Tambah keren lagi karena diberi tagline wisata alam wisata amal," katanya.

BACA JUGA : 

Hari Anak Nasional, Gubernur Khofifah: Momentum Berikan Prioritas Vaksin untuk Anak 12 Tahun ke Atas

Bank Jatim Bantu Pemerintah Percepat Vaksinasi

Tunjang Faskes, Pemprov Jatim Sediakan Isi Ulang Oksigen Gratis bagi Warga Isoman dan Ambulans

Bantu Pemprov Wujudkan Herd Immunity, IKA Unair Gelar Percepatan Vaksinasi

Dia menambahkan, Desa Wisata Tirtosari View memiliki fasilitas lengkap seperti terdapat area wisata atau fasilitas seperti kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang jernih dan tanpa kaporit, spot foto dalam air atau underwater, kolam koi dan nila, spot foto malam hari, serta kafe warna-warni yang instagramable.

"Pengembangan unit usaha Wisata Tirtosari View ini merupakan kolaborasi Pemprov Jatim degan Pemkab Lumajang, Pemerintah Desa Penanggal, serta di tahun 2021 ini didukung oleh PT HM Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo," terangnya.

Oleh karena itu, Khofifah mengajak masyarakat sekitar terutama wisatawan untuk turut serta menjaga keindahan alam dan kelestarian yang ada di desa wisata ini. Serta bagi masyarakat sekitar untuk terus menumbuhkembangkan potensi yang ada di desa wisata ini.

"Untuk spot foto underwater misalnya, tolong dijaga sumber airnya dan kejernihan air. Seluruh wisatawan yang hadir di sini juga mohon bisa menjaga keasrian dan daya dukung alam supaya makin banyak orang yang bisa menikmati dan ketagihan kembali ke sini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan, desa wisata ini merupakan bagian dari program Klinik BUMDesa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jatim. Pada pengembangannya juga berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

"Kami harap dari pengembangan desa wisata seperti ini maka akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terima kasih atas seluruh inisiasi yang menampakkan hasil membanggakan. Kepada para pokdarwis dan BUMDesa yang lain tetap semangat dan teruslah berinovasi. Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro ini akan menjadi pendukung Wisata Bromo Tengger Semeru," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan konsep pariwisata kolaboratif yang sudah diterapkannya di Kabupaten Lumajang. Yakni banyak potensi wisata yang di dalamnya juga dibangun fasilitas olahraga. Seperti halnya sirkuit downhill di Wana Wisata Siti Sundari, sirkuit BMX di Pemandian Alam Selokambang, dan sirkuit sepatu roda di Wisata Tambuh Raya. Sementara di Tirtosari akan tersambung dengan olahraga paralayang yang akan dibangun di Gunung Wayang.

"Kami punya konsep kepariwisataan yang kolaboratif, jadi seluruh potensi kami kemas yang saling menguntungkan kami persatukan," jelasnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga menambahkan bahwa potensi-potensi yang saling terhubung akan menguatkan satu dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Penanggal Cik Ono mengatakan, Tirtosari View sebenarnya sudah dibuka sebagai lokasi wisata sejak tahun 1998 dan dikelola pokdarwis setempat. Namun pengelolaannya belum maksimal, bahkan pendapatannya hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari. Selanjutnya pada tahun 2019, pokdarwis bersama pemerintah desa melakukan berbagai upaya dan inovasi untuk kemajuan Tirtosari.

"Tahun 2019, Alhamdulillah bisa meningkatkan ekonomi dan pendapatan asli desa dan pendapatan asli masyarakat, kami membangun sebuah tempat wisata yang Alhamdulillah banyak respons dari masyarakat luar. Sampai saat ini, pendapatan dari Tirtosari View bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat Desa Penanggal," pungkasnya. (ron/zar)

HUT ke-7 BANGSAONLINE.com, Dimeriahkan Lomba Desain Logo dan Tumpengan Bersama Anak Yatim
Sabtu, 24 Juli 2021 01:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 BANGSAONLINE.com berlangsung khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. HUT ke-7 BANGSAONLINE.com digelar secara terbatas, tapi tetap mengundang para anak yatim untuk doa bersama...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 20 Juli 2021 16:57 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan - Saya ingat ketika sekolah madrasah di kampung. Nama sekolah saya Madrasah Miftahul Choir. Di Desa Patemon, Kecamatan Tanah Merah. Kabupaten Bangkalan Madura.Ustadz Tasik, guru saya, selalu mengingatkan tentang dua kerusa...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...