Kamis, 29 Juli 2021 06:19

Pemprov Jatim Resmikan Wisata Goa Jalmo Coban Cendono di Pasuruan

Rabu, 26 Mei 2021 23:10 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Ahmad Fuad
Pemprov Jatim Resmikan Wisata Goa Jalmo Coban Cendono di Pasuruan
Kasi Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa DPMD Jawa Timur, Lianto, menggunting pita tanda diresmikannya wisata Coban Goa Jalmo, di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur meresmikan wisata Coban Goa Jalmo, di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu (26/5/2021) sore.

Peresmian dilakukan Kasi Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa DPMD Jawa Timur, Lianto. Dalam sambutannya, Lianto mengungkapkan di Jawa Timur terdapat 267 BUM Desa yang bisa dimaksimalkan potensinya melalui pendampingan-pendampingan yang dilakukan pemprov dan beberapa elemen.

"Harapannya nanti desa-desa yang memiliki unit usaha desa wisata akan bisa memaksimalkan pengelolaan wisata desanya melalui penampingan manajerial, SOP, dan branding," kata Lianto, usai peresmian.

Diketahui, Wisata Coban Goa Jalmo ini dikelola langsung oleh BUM Desa Cendoso Barokah. Di Kabupaten Pasuruan, terdapat 12 BUM Desa yang mengelola wisata desa. Salah satunya adalah BUM Desa Cendono Barokah.

BACA JUGA : 

Persiapan Launching Wisata Petik Jambu, Warga Desa Sekargadung Dilatih Kelola Destinasi Wisata

Masuki Semester I, Realisasi PAD Pariwisata Kabupaten Pasuruan Jeblok

Launching Desa Wisata Zona KIP, Khofifah Bantu Modal Untuk 200 BUM Desa di Jatim

Menteri PPN Setujui Wisata Religi Terintegrasi Kota Pasuruan, Siapkan Anggaran Rp 100 M

"Unit usaha wisata sangat berpotensi mengembangkan dan mengungkit perekonomian desa," jelasnya.

Terpisah, Tim Klinik BUM Desa Jawa Timur Nova Hariyanto mengungkapkan, terdapat empat BUM Desa di Jawa Timur yang didampingi tahun 2021. Di antaranya di Kabupaten Tulungagung, Pasuruan, Bondowoso, dan Lumajang.

"Di Pasuruan ada di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari. Selama 5 bulan ini kami dampingi, dan di akhir pendampingan kami resmikan salah satunya Cafe Layang," beber Nova.

Pendampingan dari Klinik BUM Desa termasuk pendampingan manajerial, pendampingan optimalisasi sosial media dan branding, serta pelatihan keuangan.

"Dan yang terakhir, penyusunan SOP penyelenggara wisata, karena ini krusial dan substansial untuk penyelenggara wisata, sehingga penyelenggaraan wisata bisa profesional," tandasnya.

Sementara Kepala Desa Cendono Sanari mengapresiasi bantuan pendampingan dari Pemprov Jatim dan Klinik BUM Desa. "Semoga menjadi kemanfaatan kepada masyarakat desa kami," tuturnya. (afa)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...