Tips Aman Bermotor Bagi Perempuan

Tips Aman Bermotor Bagi Perempuan Ilustrasi seorang perempuan bermotor dengan riding gear yang aman dan benar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sepeda kini jadi alat transportasi untuk menunjang aktivitas harian masyarakat karena kepraktisan dan kemudahannya. Namun, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman, khususnya bagi kaum perempuan.

Terkait hal itu, Instruktur MPM Honda Jatim, Hari Setiawan memberikan tips berkendara bagi perempuan yang meliputi pemilihan pakaian dan perlengkapan yang aman dan tetap stylish. Selain itu, ia membeberkan kondisi apa saja yang mempengaruhi terhadap performa berkendara baik secara fisik maupun emosional, postur berkendara yang baik dan benar, serta bagaimana cara membawa barang yang aman.

"Gunakanlah riding gear sesuai standar ber seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Tidak memakai sepatu hak tinggi yang bisa mempengaruhi keseimbangan mengendarai saat di jalan," katanya.

Terkait pemilihan pakaian, ia mengimbau agar sebisa menghindari memakai rok ketat atau terlalu longgar. Karena rok ketat dapat mempengaruhi rentang kaki saat berada di jalur lambat atau berhenti mendadak. Sebaliknya, rok terlalu longgar akan tersingkap di tempat umum karena angin terasa lebih kencang pada saat berjalan.

"Jika memang harus memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana panjang yang nyaman dipakai dan menggantinya saat sudah sampai di tempat tujuan," ujarnya.

Umumnya, para perempuan ingin penampilan sempurna meski sedang ber seperti memakai perhiasan. "Namun, ada baiknya jangan berlebihan agar tidak mengundang perhatian orang-orang yang berniat jahat misalnya penjambretan, perampasan, dan sebagainya yang justru akan mencelakai pengendara itu sendiri," pesannya.

Hari juga berpesan agar kaum perempuan menggunakan tas yang mudah dibawa dan tidak menyulitkan saat berkendara. "Barang bawaan sebaiknya dimasukkan dalam bagasi . Karena bagasi luas saat ini seakan menjadi fitur wajib pada sebuah skuter. Dengan begitu, pengendara skuter matik (skutik) bisa menyimpan barang yang cukup banyak, bahkan 2 helm full face," tutupnya. (dra/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ringsek! Kecelakaan Motor dengan Mobil di Pandeglang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO