Rabu, 04 Agustus 2021 13:45

Launching Desa Wisata Zona KIP, Khofifah Bantu Modal Untuk 200 BUM Desa di Jatim

Minggu, 23 Mei 2021 23:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Launching Desa Wisata Zona KIP, Khofifah Bantu Modal Untuk 200 BUM Desa di Jatim
Gubernur Khofifah menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus Penguatan BUM Desa didampingi Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dan Kepala DPMD Jatim Mohammad Yasin.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa me-launching Desa Wisata Nangkula Park di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Sabtu (22/5/2021) sore.

Nangkula Park adalah salah satu ikon wisata yang di kelola BUM Desa Larasati yang menyuguhkan suasana perdesaan yang cantik dan eksotis. Taman Bunga Celosia yang indah, spot selfie yang penuh dengan filosofi, dan sajian kuliner khas Tulungagung, serta aneka produk UMKM yang inovatif yang dapat menambahkan kenyamanan bagi pengunjung untuk berwisata.

Dalam taman tersebut terdapat fasilitas antara lain area parkir yang cukup luas, resto dan VIP Room, spot selfie garuda, taman bunga dan monumen keris, spot gebyok ukir, playground. Selain itu, Zona KIP (Kreativitas, Inovatif, dan Produktif), Line (Spot I Love TA, Balon Udara, Phone Box), dan jembatan merah.

BACA JUGA : 

Jatim Kembali Berprestasi, Pemenang Kategori Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dalam KIPP 2021

Jatim Raih Predikat Provinsi Layak Anak, Khofifah: Anak Investasi Bangsa, Lindungi dan Bahagiakan

Simpang Siur Info Syarat Vaksin untuk Bansos, Wagub Emil Terjun ke Lokasi Penyaluran

Pro Kontra Hak Angket untuk Gubernur Khofifah, Sahat Tua: Secara Konstitusi Belum Ada Pelanggaran

Nangkula Park mewajibkan pengunjungnya mematuhi protokol kesehatan. Karena itu sebelum memasuki lokasi desa wisata, para pengunjung diwajibkan cuci tangan terlebih dahulu, dicek suhu tubuh, dan menjaga jarak. Bahkan di depan terpampang pengumuman imbauan untuk melaksanakan protokol kesehatan.

Ada yang istimewa dalam acara launching desa wisata tersebut, karena Khofifah sekaligus menandatangani prasasti Zona KIP (Kreativitas, Inovatif, dan Produktif), serta menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus Penguatan BUM Desa untuk 8 desa di Tulungagung masing-masing Rp 75 juta.

"Zona KIP adalah sesuatu yang dapat menginspirasi bagi BUM Desa untuk dapat meningkatkan perekonomian daerah sekitar, utamanya dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19," kata gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

(Gubernur Khofifah menandatangani Prasasti Zona KIP (Kreativitas, Inovatif, dan Produktif) didampingi Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dan Kepala DPMD Jatim Ir H Mohammad Yasin, M.Si. (paling kiri))

Karena itu, BUM Desa yang terus memberikan penguatan melalui zona KIP diharapkan dapat berkembang pesat karena akan menyuguhkan kreativitas, inovasi, dan produktivitas yang selalu baru.

"Kreativitas, inovasi, dan produktivitas adalah hal yang unlimited atau tanpa batas. Sehingga akan selalu ada yang baru di setiap waktu. Akan terus ada dinamika, jadi jangan pernah berhenti melakukan kreativitas, inovasi, dan jangan pernah berhenti untuk terus produktif," terangnya.

Lokasi sentra wisata yang dikelola BUM Desa juga menentukan BUM Desa tersebut dapat berkembang dengan baik. Menurut Khofifah, hal tersebut sangat penting, karena semakin dekat dengan pemukiman warga akan semakin bagus. Karena akan memberikan penguatan kepada masyarakat terdekat.

"Jadi setiap obyek wisata akan memberikan signifikansi terhadap pergerakan UMKM lokal. Disamping itu, juga setiap wisata akan menggerakkan public transportation," imbuhnya.

BUM Desa sebagai instrumen penggerak UMKM disebut memiliki peran penting, karena UMKM sendiri merupakan sektor terbesar yang menyumbangkan 60,25% PDRB Jatim. Sedangkan sektor wisata berkontribusi 7,21% pada perekonomian Jatim.

"Untuk itu, penguatan sektor wisata diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan perekonomian bagi masyarakat desa dan bagi perekonomian di Jatim," ucapnya.

Penguatan Desa Wisata melalui pembinaan BUM Desa, kata Khofifah, dapat membentuk masyarakat di dalamnya menjadi cerdas, sejahtera, dan mandiri.

"Jadi kalau kita sebutnya itu DEWI CEMARA, Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri dan Sejahtera. Ini salah satu program yang ada di Nawa Bhakti Satya," tuturnya.

Di akhir, pada kepala desa pengelola Nangkula Park, Gubernur Khofifah berpesan untuk terus kreatif, inovatif dan produktif untuk memajukan Nangkula Park tanpa mengesampingkan area hijau yang ada di sekitar Nangkula Park. "Kepada Pak Kades, saya minta zona hijau harus tetap dijaga," tambahnya.

Pengembangan Desa Wisata Nakula Park dan Zona KIP dilakukan secara pentahelix dengan melibatkan berbagai unsur. Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jatim melibatkan Yayasan Rumah Kita dan Klinik BUM Desa.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Khofifah, didampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur Mohammad Yasin, Kepala Divisi Hubungan Regional dan Keberlanjutan PT HM Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Rumah Kita Sidoarjo Andrianus Muran, Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa, dan beberapa Kepala OPD di Lingkup Pemprov Jatim. (ian/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...