Obati Rindu PMI Jatim, Gubernur Khofifah Ajak Makan Bersama Ketupat Sayur dan Lepet di Asrama Haji

Obati Rindu PMI Jatim, Gubernur Khofifah Ajak Makan Bersama Ketupat Sayur dan Lepet di Asrama Haji Gubernur Khofifah melayani para pekerja migran yang hendak menikmati ketupat sayur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Suasana kebersamaan dan kebahagiaan di perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah dilakukan Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa dengan menyempatkan diri mengunjungi Indonesia (PMI) asal Jatim yang tengah menjalani masa karantina di Surabaya, Kamis (13/5) sore.

Kedatangan Gubernur yang akrab disapa itu, sontak disambut penuh sukacita para PMI. Secara khusus, Gubernur membawakan makanan khas lebaran di antaranya sayur dan lepet, juga kurma. Nuansa hangat serta haru begitu terlihat di wajah para pekerja migran yang baru saja tiba dari berbagai negara.

"Hari ini, tepat 1 Syawal 1442 Hijriah. Lebaran ini adalah momen untuk berbagi kebahagiaan dan kebersamaan. Alhamdulillah saya bisa merayakan Idul Fitri dengan teman-teman PMI yang pastinya merindukan rumah dan keluarga, tapi tetap menaati peraturan untuk karantina setelah hasil swab negatif mereka akan dijemput kabupaten/kota asal mereka," terang gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Para pekerja migran yang tengah menunggu hasil swab itu memang masih belum bisa bertemu dengan keluarganya. Oleh sebab itu, melalui silaturrahim dengan menu sayur dan lepet serta kurma ini diharapkan bisa mengobati rasa rindu kampung terhadap halaman mereka.

"Kita ingin berbagi rasa, berbagi suka meskipun mereka sudah sangat rindu ketemu keluarganya. Paling tidak ada suasana serasa di rumah," jelasnya.

Tak hanya bersama para PMI, kebersamaan dan kebahagiaan di lebaran kali ini juga dinikmati Gubernur bersama para relawan Covid-19, Satpol PP, petugas serta perawat di area Surabaya. Semuanya merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Secara khusus saya pesan lebaran, sudah lepet, dan kurma memang untuk kita semua yang ada di Asrama haji, baik PMI maupun semua relawan dan petugas yang sama-sama melaksanakan tugas di sini. Mari kita merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah bersama. Mohon maaf lahir dan batin," ujar .

Sebelum menikmati sayur dan lepet bersama-sama, Gubernur menyempatkan diri untuk meninjau lokasi asrama haji dan dapur umum yang didirikan di Surabaya. Gubernur pun menyempatkan diri berdialog dengan beberapa PMI.

Mantan Menteri Sosial RI itu menanyakan kondisi dan asal mereka. Tak lupa, pengalaman merantau menjadi pekerja migran juga ia tanyakan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO