1 Ekor Musang yang Sering Berkeliaran di Perum Pondok Candra Sidoarjo Tertangkap, 3 Masih Buron

1 Ekor Musang yang Sering Berkeliaran di Perum Pondok Candra Sidoarjo Tertangkap, 3 Masih Buron Petugas KBS berhasil menangkap musang di Perumahan Pondok Candra Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Seekor yang sering berkeliaran di kawasan Perumahan Pondok Candra berhasil ‘dibekuk’ Tim Evakuasi PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya, Rabu (5/5/2021) siang.

Agustin, salah satu warga mengatakan, sejatinya tidak hanya satu ekor yang berkeliaran. Dirinya bersama warga lain, sering melihat tiga ekor lainnya dalam satu kelompok. “Tanaman buah milik warga seringkali dimakan. Bahkan buah yang ditaruh di atas meja makan juga hilang,” ujarnya.

Menanggapi keluhan tersebut, warga setempat yang juga merupakan Anggota DPR RI Komisi XI, Indah Kurnia, melaporkan peristiwa itu kepada petugas PD Taman Satwa KBS . Lima anggota tim evakuasi kemudian datang ke lokasi empat hari lalu. Mereka datang dengan membawa perangkap dan buah-buahan yang dipasang sebagai umpan.

“Bukan perkara mudah untuk menangkap satwa liar jenis . Kami melakukan pengamatan terlebih dahulu. Salah satu tabiat cenderung melintasi jalur yang sama. Setelah memastikan jalur lintasan , barulah kami pasang perangkap,” kata Subandrio, salah satu tim.

Ia menjelaskan, metode jebakan itu baru berhasil setelah dipasang perangkap sejak 4 hari lalu. “Tadi, kita berhasil menangkap seekor . Tim kami juga memasang lagi perangkap yang lebih besar. Hal ini didasari penglihatan secara visual. Ada di antara tersebut yang mempunyai postur lebih besar dari lainnya,” lanjut Subandrio.

Ia meneruskan, satu ekor yang berhasil ditangkap tersebut adalah betina. Selanjutnya, tangkapan tersebut di bawa ke KBS.

Sementara itu, Indah Kurnia mengapresiasi respons cepat dari Tim PD Taman Sawa KBS tersebut. “Terima kasih. Setidaknya satu sudah tertangkap, semoga yang lainnya segera masuk perangkap, sehingga warga tidak lagi resah. Kami harap, - tersebut dirawat di KBS atau dilepas liarkan ke habitatnya,“ harap politikus PDIP ini. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO