Heboh Putri AM Fatwa Bakal Bersuami Bule Kristen, Warganet Salfok Foto

Heboh Putri AM Fatwa Bakal Bersuami Bule Kristen, Warganet Salfok Foto Dian Islamiati Fatwa. Foto: Disway

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Warganet heboh saat BANGSAONLINE.com memuat tulisan Dahlan Iskan tentang Dian Islamiati Fatwa, putri AM Fatwa, tokoh Muhammadiyah dan juga politisi Partai Amanatul Nasional (PAN).

Muncul pro-kontra. Terutama soal Dian mau nikah dengan bule Kristen Australia.

Padahal, kata Dian, ayahnya tak marah. Ia dan ayahnya hanya berbeda pandangan dalam xenophobia.

Yang menarik, dari komentar yang muncul justru banyak bertanya - atau lebih tepatnya mempersoalkan - kok yang dipajang foto Dahlan Iskan, bukan foto Dian Islamiati Fatwa. Jadi warganet salah fokus (salfok) pada foto.

Padahal foto Dahlan Iskan itu dipasang karena penulis artikel tersebut adalah Dahlan Iskan, wartawan kondang yang mantan menteri BUMN itu.

Seperti ditulis Dahlan Iskan, Dian terlihat cerdas ketika menjawab pertanyaan agak pribadi dan sensitif.

“Itu soal perbincangan hangat di kalangan aktivis Islam garis lurus. Yakni tentang dua tokoh besar Islam: Prof Dr Nurcholish Madjid, sang pembaharu dan AM Fatwa, sang pembela kebenaran,” tulis Dahlan Iskan.

Putri Nurcholish Madjid kawin dengan seorang bule Yahudi di Amerika Serikat. Putri AM Fatwa akan kawin dengan seorang bule Kristen di Australia.

Menurut Dahlan Iskan, Dian itu 100 persen Fatwa –kecuali dalam memandang Xenophobia.

"Di pandangan xenophobialah yang saya berlawanan dengan ayah," ujar Dian. "Tapi wajar. Exposure yang dihadapi ayah kan tidak banyak. Sementara saya mendapat kesempatan berdialog, bertemu dengan orang dari berbagai belahan dunia sejak remaja," tulisnyi. Tapi perbedaan pandangan itu, kata Dian, justru lebih memberi makna. "More worldly," katanyi.

Apakah ayah marah waktu itu? "Enggak ha ha ha, ketakutan ayah saja," tulisnyi. "Bule juga manusia, ciptaan Tuhan," tambahnyi.

Sebelumnya, Dahlan Iskan menulis bahwa Dian diterima di ABC Australia. Dian dulunya memang kuliah di Australia. Bahkan sejak SMA. Dian kerasan di sana. Sampai 18 tahun. Bahkan berhasil masuk ke jajaran eksekutif ABC.

Simak berita selengkapnya ...