Ketua PCNU: Menpora Zainudin Amali Kader NU Surabaya

Ketua PCNU: Menpora Zainudin Amali Kader NU Surabaya Aan Ainur Rofik, Staf Menpora RI menyerahkan bantuan pribadi Menpora untuk pengembangan dakwah NU Surabaya kepada Ketua PCNU Kota Surabaya, KH. Ahmad Muhibbin Zuhri. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski pun tingkat cabang, tapi PCNU Kota Surabaya punya keistimewaan tersendiri. Di antaranya, PCNU Surabaya mewarisi Kantor PBNU di awal Nahdlatul Ulama berdiri di Jalan Bubutan VI No. 2 Surabaya. Karena itu, Kantor PCNU Surabaya juga kerap disebut HoofdBestuur Nahdlatoel Oelama atau HBNO.

Sebagai PCNU di kota metropolitan, latar belakang kader NU Surabaya juga sangat beragam. Mulai santri, akademisi, profesional, hingga menteri ada dalam deretan kader NU Surabaya.

"PCNU Surabaya punya kader menteri yaitu , Zainudin Amali. Beliau tercatat sebagai anggota NU dari PCNU Surabaya dan sejak 2017 sudah ber-," tutur Ketua PCNU Kota Surabaya, KH. Ahmad Muhibbin Zuhri, usai acara Nuzulul Quran dan launching HBNO TV di kantor PCNU Kota Surabaya, Selasa (4/5/2021) malam.

Muhibbin mengungkapkan, Zainudin Amali adalah sosok yang rendah hati. Terbukti, meski pun saat tahun 2017 ia sudah menjadi anggota DPR RI, bahkan Ketua Komisi II DPR RI yang notabene tokoh nasional, namun pria yang akrab disapa ZA itu lebih memilih menjadi kader NU melalui PCNU Surabaya. Padahal ia sudah kaliber tokoh nasional yang levelnya PBNU.

"Pak ZA itu low profile, kalau bantu ya bantu. Ndak perlu pakai proposal. Sejak jadi ketua Golkar hingga kini jadi menteri sifatnya juga tak berubah, tetap santun, rendah hati, dan egaliter," ujar Dosen Pascasarjana UINSA Surabaya itu.

Terpisah, Aan Ainur Rofik, Staf RI membenarkan adanya hubungan emosional antara Zainudin Amali dengan NU Kota Surabaya. Hal itu tak lepas dari hubungan persahabatan dengan Ketua PCNU Kota Surabaya, Kiai Muhibbin Zuhri.

Aan mengatakan, setiap diundang oleh PCNU Kota Surabaya, Zainudin Amali akan menyempatkan diri datang. Kalau pun tak bisa datang karena ada tugas negara, maka ia akan menugaskan dirinya untuk datang menggantikan.

"Pak Zainudin Amali sudah menjadi kader NU Surabaya sejak lama. Hal itu tak lepas dari persahabatan baiknya dengan Kiai Muhibbin, Ketua PCNU Surabaya," kata mantan wakil sekretaris GP Ansor Jatim ini. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO