Sidak Sejumlah Pasar, Dinkes Kabupaten Mojokerto Ambil Sampel Mamin untuk Diteliti

Sidak Sejumlah Pasar, Dinkes Kabupaten Mojokerto Ambil Sampel Mamin untuk Diteliti Petugas dinkes saat sedang sidak makanan dan minuman di pasar. (foto: ist)

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto bersama pihak terkait melakukan sidak di beberapa pasar Kabupaten Mojokerto. Di antaranya, yakni Pasar Dinoyo di Kecamatan Jatirejo, Rabu (5/5).

Dalam sidak tersebut, petugas dinkes juga mengambil contoh makanan atau minuman (mamin) yang dijual pedagang untuk diteliti.

Kabid SDMK Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Mas'ud Susanto mengatakan, dalam sidak itu pihaknya langsung memberikan arahan bagi para pedagang yang kedapatan menjual jajanan, makanan, dan minuman dengan bahan berbahaya. Serta memberikan sosialisasi pemahaman tentang kehigienisan makanan.

"Dalam sidak, kami mengambil sampel makanan dari beberapa pedagang untuk diteliti di laboratorium. Diperiksa semua unsur kandungan bahan makanan bilamana ada zat kimia berbahaya yang digunakan untuk membuat makanan itu," ujarnya, Rabu (5/5/2021).

Hasil penelitian dari sampel makanan atau jajanan yang diduga mengandung bahan-bahan berbahaya, baru akan diketahui setelah dilakukan uji laboratorium.

Dinkes mengimbau kepada masyarakat luas, agar lebih jeli dan teliti dalam membeli makanan dan minuman yang banyak dijual pedagang dadakan saat Ramadan ini, terutama dengan memerhatikan warna dan tekstur makanan.

"Dinkes tetap menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan adanya jajanan makanan yang dianggap mengandung bahan-bahan berbahaya," ujarnya. (ris/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO