Kamis, 24 Juni 2021 19:43

Pastikan PPKM Mikro Jelang Lebaran Lancar, Pemkot Kediri Terima Kunjungan BNPB Pusat

Selasa, 04 Mei 2021 15:06 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Pastikan PPKM Mikro Jelang Lebaran Lancar, Pemkot Kediri Terima Kunjungan BNPB Pusat
Rombongan dari BNPB Pusat dan Satgas Covid-19 Nasional saat berada di Command Center Kota Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Satu minggu menjelang Hari Raya Idulfitri, persiapan-persiapan mengantisipasi lonjakan pemudik terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri. Hal tersebut mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

Selasa (4/5/2021), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat dan Satgas Covid-19 Nasional melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan PPKM Mikro di Ruang Command Center Kota Kediri.

Tidak hanya melakukan monev di Command Center, rombongan Tim Satgas Covid-19 Nasional juga melakukan tinjauan langsung ke lokasi. Seperti yang dilakukan di Posko PPKM Mikro Kelurahan Banjarmlati, Kecamatan Mojoroto.

Kepala Kelurahan Banjarmlati Nanang Jumari menjelaskan bahwa tujuan rombongan Satgas Covid-19 Nasional meninjau kesiapan PPKM Mikro yang ada di kelurahan, juga terkait dengan persiapan Idulfitri 1442 H yang semakin dekat.

BACA JUGA : 

Melalui Sahaja Lekat, Ribuan Dokumen Kependudukan di Kediri Terselesaikan dengan Cepat

Kunjungi Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Pemkot Samarinda Studi Tiru Prodamas Plus

Ada Agenda Mendadak, Bupati Kediri Batal Hadiri ​Peresmian Aplikasi Smart Connect di Badalpandean

Terpilih Jadi Penerima Bantuan Minapadi, Pemkab Kediri Siap Kembangkan Potensi Perikanan

"Jadi sejauh mana kaitannya dengan tempat karantina, lalu unsur tiga pilar, dan kesiapan kita kaitannya dengan warga yang mudik seperti itu," ujar Nanang.

Menurutnya, saat ini di Kelurahan Banjarmlati juga terdapat PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang sedang menjalani karantina. Pekerja tersebut ditempatkan di ruang isolasi dengan diberikan fasilitas ruangan, fasilitas kesehatan, dan makanan yang baik.

Sementara itu, Kombes Pol. Dally Achmad Mutiara, Staf Ahli Satuan Tugas Penanganan Covid-19 BNPB Pusat mengatakan bahwa maksud dan tujuannya datang ke Kediri, untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi permasalahan Covid-19 dan upaya penanggulangannya.

"Kunjungan ini dilakukan di wilayah Jawa-Bali di 7 provinsi. Hal tersebut mengingat kasus yang terjadi di wilayah Jawa-Bali menyumbang kasus yang cukup besar di Indonesia, sekitar 70% dari jumlah nasional," ungkap Kombes Pol. Dally Achmad Mutiara.

Selain itu, lanjut Kombes Pol. Dally Achmad Mutiara, kunjungan ini juga bermaksud untuk menjalin komunikasi dan mobilitas dengan daerah, terutama kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan kondisi sosial masyarakat.

“Sehingga dengan demikian diperlukan pendampingan untuk membentuk dan memperkuat posko satgas di masing-masing daerah,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, dia juga ingin memastikan upaya Pemerintah Kota Kediri dalam mengantisipasi pemudik, utamanya pemudik migran yang datang ke Kota Kediri.

Indun Munawaroh, Pelaksana BPBD Kota Kediri menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan dalam mengantisipasi pemudik, terutama pekerja migran. "Tersedia 138 tempat isolasi yang tersebar di 46 kelurahan yang siap digunakan untuk mengisolasi pemudik yang tiba di Kota Kediri," kata Indun Munawaroh.

Adapun untuk mengantisipasi lonjakan pemudik jelang hari raya, pihaknya akan mendirikan check point di stasiun dan terminal bagi pemudik yang menggunakan kendaraan umum, sedangkan yang menggunakan kendaraan pribadi, peran aktif dari RT dan RW untuk memberikan laporan.

Selain itu, Indun juga menyampaikan 4 langkah strategis Pemkot Kediri untuk menekan angka kasus Covid-19 di Kota Kediri, meliputi gerakan donor darah konvalesen, pendataan hasil rapid antigen di setiap faskes dan laboratorium, implementasi aplikasi SIGAP, dan melakukan vaksinasi. (uji/zar)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...