Polres Kediri Siapkan 6 Pos Pam Jelang Lebaran

Polres Kediri Siapkan 6 Pos Pam Jelang Lebaran Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono saat memberi keterangan kepada wartawan didampingi Kasubbag Humas Polres Kediri AKP Ratmoko Budi. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna menunjang kamtibmas dan membatasi mobilisasi masyarakat saat Idul Fitri 1442 Hijriah, menyiapkan 6 titik pos pam pada masa angkutan mudik.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono menjelaskan bahwa pendirian pos pam dimulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei mendatang, lalu dilanjutkan tanggal 18 Mei hingga 24 Mei 2021.

Menurut kapolres, sejumlah pos pam tersebut menyebar mulai di Kawasan Mengkreng Kecamatan Purwasari yang menjadi jalur utama mudik dan menghubungkan wilayah Kediri, Nganjuk, Jombang.

Lalu, pendirian di Kecamatan Papar hingga Kecamatan Kandangan yaitu di perbatasan antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang. Khusus untuk wilayah Kandangan, pos pam itu untuk mengawasi pergerakan masyarakat yang keluar masuk Kediri-Malang. Sebab, jalur ini termasuk titik perbatasan antara eks. Karesidenan Kediri dan Malang.

"Nantinya, di tempat ini akan ada tahap pemeriksaan khusus. Petugas tak hanya memeriksa kelengkapan surat pengendara, seperti SIM, dan STNK, tapi juga menanyakan ada tidaknya surat dinas dari perusahaan maupun instansi tempat mereka bertugas," kata kapolres, Sabtu (1/5).

Ke depan, lanjut kapolres, di tiap pos pam tersebut juga akan ditugaskan sejumlah personel selama 24 jam penuh. Petugas akan bersiaga dalam 3 shift secara bergantian.

"Petugas di pos pam ini disiagakan untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas, mengurai titik kerumunan, hingga melakukan operasi yustisi kepada masyarakat maupun pengguna jalan yang akan masuk di wilayah hukum ," ujar Kapolres. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO