Bawa Tiga Tuntutan di Hari Buruh, SPSI Jawa Timur Siap Terjunkan 3.000 Massa

Bawa Tiga Tuntutan di Hari Buruh, SPSI Jawa Timur Siap Terjunkan 3.000 Massa Ilustrasi Hari Buruh.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Buruh atau Mayday 1 Mei 2021, Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD FSP KEP ) Provinsi Jawa Timur bakal menerjunkan 3.000 orang di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Tugu Pahlawan, Surabaya.

"Besok kita rencana turun jalan, dengan beberapa teman-teman di daerah. Dan, hari ini sih katanya akan difasilitasi Pak Kadisnaker Provinsi, untuk menyuarakan tuntutan kami," ujar Dendy Prayitno, Ketua PD FSP KEP Provinsi Jawa Timur, Jumat (30/4/2021) kepada BANGSAONLINE.com melalui telepon selularnya.

"Tuntutan kami, pertama, pemerintah untuk membatalkan Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja. Kedua, perusahaan untuk membayar penuh hak yakni THR, ya paling tidak toleransinya, 80 persen dibayarkan perusahaan jelang lebaran, 20 persen setelah lebaran. Dan ketiga, pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk campur tangan hak ketika memasuki masa purna, karena BPJS sebagai tulang punggung akan dihapus, jika sudah masuk purna," tegasnya.

Dendy menambahkan, aksi turun jalan yang rencananya digelar besok Sabtu, 1 Mei 2020, akan melibatkan 3.000 massa dari beberapa daerah yang bakal tersentral di Kantor Gubernur Jtim di Tugu Pahlawan.

"Sesuai surat pemberitahuan kita ke Polda, kita terjunkan kisaran 3 ribu massa, 750 dari Surabaya, 750 dari Sidoarjo, dan beberapa daerah lain. Karena ini juga masa pendemi kemungkinan juga bisa di bawah kisaran itu," pungkasnya. (nf/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gaji Nunggak 5 Bulan, Buruh Pabrik di Pasuruan Mogok Kerja':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO