Bawa Tiga Tuntutan di Hari Buruh, SPSI Jawa Timur Siap Terjunkan 3.000 Massa

Bawa Tiga Tuntutan di Hari Buruh, SPSI Jawa Timur Siap Terjunkan 3.000 Massa Ilustrasi Hari Buruh.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Buruh atau Mayday 1 Mei 2021, Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD FSP KEP SPSI) Provinsi Jawa Timur bakal menerjunkan 3.000 orang di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Tugu Pahlawan, Surabaya.

"Besok kita rencana turun jalan, dengan beberapa teman-teman di daerah. Dan, hari ini sih katanya akan difasilitasi Pak Kadisnaker Provinsi, untuk menyuarakan tuntutan kami," ujar Dendy Prayitno, Ketua PD FSP KEP SPSI Provinsi Jawa Timur, Jumat (30/4/2021) kepada BANGSAONLINE.com melalui telepon selularnya.

"Tuntutan kami, pertama, pemerintah untuk membatalkan Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja. Kedua, perusahaan untuk membayar penuh hak buruh yakni THR, ya paling tidak toleransinya, 80 persen dibayarkan perusahaan jelang lebaran, 20 persen setelah lebaran. Dan ketiga, pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk campur tangan hak buruh ketika memasuki masa purna, karena BPJS sebagai tulang punggung buruh akan dihapus, jika sudah masuk purna," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...