Delapan Pelajar Sidoarjo Dinobatkan Sebagai Duta Toleransi

Delapan Pelajar Sidoarjo Dinobatkan Sebagai Duta Toleransi SIAP BERTUGAS: Penyerahan penghargaan kepada Duta Toleransi, di gedung DPRD Sidoarjo, Rabu (28/4/2021). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak delapan pelajar Kabupaten Sidoarjo, empat pelajar SMP, dan empat pelajar SMA, terpilih sebagai Duta Toleransi. Prosesi penobatan dan penyerahan penghargaan digelar secara sederhana di gedung DPRD Sidoarjo, Rabu (28/4/2021) sore.

Penyerahan penghargaan kepada para Duta Toleransi ini dilakukan oleh Ketua DPRD Sidoarjo, Usman dan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, Djoko Supriyadi.

Pemilihan Duta Toleransi ini bagian dari Program “Cinta Budaya Cinta Tanah Air” yang digelar Komunitas seni budaya BrangWetan. Program “Cinta Budaya Cinta Tanah Air” berlangsung selama setahun, pada Juli 2020-Juni 2021.

Pemilihan Duta Toleransi digelar terbatas di sepuluh sekolah di lima kecamatan di Sidoarjo, yang didampingi komunitas seni budaya BrangWetan.

Menurut Ketua komunitas seni budaya BrangWetan, Henri Nurcahyo, kegiatan pemilihan Duta Toleransi diadakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi sejak dini pada generasi penerus bangsa di Sidoarjo.

Menurutnya, saat ini iklim bertoleransi antar sesama di negara ini sedang tidak stabil. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peristiwa konflik antar warga yang didasarkan dengan perbedaan masing-masing individu ataupun kelompok.

"Makanya kami berinisiatif menanamkan dan menumbuhkembangkan iklim toleransi ini sejak dini dari kalangan pelajar. Harapannya tentu agar mereka dapat menerapkan hal ini di setiap aspek kehidupan mereka, mulai dari lingkungan sekolah, keluarga, dan lain sebagainya," cetus Henri Nurcahyo.

Selain penganugerahan kepada delapan pelajar yang terpilih sebagai Duta Toleransi, komunitas seni budaya BrangWetan juga melaporkan kegiatan mereka selama setahun yang disusun dalam sebuah buku.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO