Sabtu, 19 Juni 2021 19:45

Antisipasi Gejolak Inflasi Jelang Idulfitri, Gubernur Khofifah Bersama TPID Jatim Gelar Rakorwil

Rabu, 28 April 2021 12:37 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ardianzah
Antisipasi Gejolak Inflasi Jelang Idulfitri, Gubernur Khofifah Bersama TPID Jatim Gelar Rakorwil
Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bagian Perekonomian Kota Pasuruan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Kepala Dinas Pertanian Kota Pasuruan saat hadir secara virtual dalam rakorwil dan High Level Meeting. (foto: ARDIANZAH/ BANGSAONLINE)

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Timur menggelar High Level Meeting (HLM) dan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) TPID Jatim untuk mengantisipasi gejolak inflasi, Selasa (27/4/2021).

Rapat tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Kepala BPS Jawa Timur, Kepala Regional IV OJK Jawa Timur, Bupati dan Wali Kota se-Jawa Timur, dan peserta rakorwil lainnya.

Turut hadir secara virtual di Media Command Centre (MCC) Kota Pasuruan, yakni Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) dengan didampingi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bagian Perekonomian Kota Pasuruan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Kepala Dinas Pertanian Kota Pasuruan.

Pada rapat itu, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting sebagai proses evaluasi pengawasan, pengendalian dari sektor-sektor tertentu di lapangan ada yang mengalami dinamika harga. Oleh sebab itu, peran bupati, wali kota, serta TPID kabupaten/kota menjadi sangat penting dalam menjaga pasokan agar tersedia dan stabilisasi harga terjaga serta kualitas produknya harus tetap dijaga.

BACA JUGA : 

Tekan Penyebaran Covid-19, Wali Kota Pasuruan Imbau Seluruh Lurah Pantau Mobilitas Warga

Wujudkan Smart City dan Indonesia Digital Nation, Gus Ipul-Mas Adi Ikuti Pembekalan Kemenkominfo

Gelar Pembinaan, Disperindag Kota Pasuruan Ajak PKL Dukung Visi-Misi Kota Madinah

Pemkot Pasuruan Hentikan Pembangunan Tower, Gudang, dan Perumahan Tak Berizin

"Jangan sampai peningkatan pemenuhan kebutuhan konsumsi rumah tangga menimbulkan gejolak inflasi. Jadi para bupati, wali kota agar bisa mencari titik pengendalian inflasi terbaik. Oleh karena itu, mohon dapat melakukan keseimbangan-keseimbangan pengendalian inflasi," ujar Gubernur Khofifah.

Lebih lanjut disampaikan, proses pengendalian inflasi harus berseiring dengan kualifikasi harga yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Untuk itu, Gubernur Khofifah memberikan 5 langkah menjaga inflasi di tahun 2021.

"Yaitu memperkuat koordinasi pusat dan daerah, memperkuat sinergi antarkementerian/lembaga dengan dukungan pemda, memperkuat ketahanan pangan dan antisipasi dampak banjir, menjaga cadangan beras pemerintah, dan menjaga inflasi VF (Volatite Food) dalam kisaran 3,0%-5-0%. (ard/par/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...