Sabtu, 19 Juni 2021 19:03

Soal Kendala Pembebasan Lahan Bandara, Mas Bup Dhito Akan Pindahkan Jumat Ngopi ke Tempat Warga

Selasa, 27 April 2021 16:00 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Soal Kendala Pembebasan Lahan Bandara, Mas Bup Dhito Akan Pindahkan Jumat Ngopi ke Tempat Warga
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kanan) saat berbincang dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di lokasi proyek pembangunan Bandar Udara Kediri, Senin (26/4/2021) sore. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendampingi kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke lokasi proyek pembangunan Bandara Kediri, Senin (26/4/2021) sore.

Pada kesempatan itu, Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri itu, siap mendukung pemerintah dalam upaya merampungkan pembangunan Bandara Kediri sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Saya akan melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat yang masih belum bersedia melepaskan lahannya untuk bandara," kata Mas Bup Dhito.

Kepada Menko Marves, ia menyampaikan progres pembangunan Bandara Kediri telah mencapai 51 persen. Sementara itu, dari lahan yang dibutuhkan sebesar 173 hektare, tinggal sekitar 1,53 hektare yang belum terpenuhi.

BACA JUGA : 

Tekan Laju Corona, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Terus Lakukan Tracing

Dapat Banyak Laporan Masyarakat, Mas Bup Dhito Larang Pungli di Objek Wisata Kediri

Jelang Lomba Tingkat Provinsi, Dispendik Kabupaten Kediri Gelar Seleksi Olahraga Tradisional

Peringati 100 Hari Kepemimpinan Bupati Kediri Dhito, Aliansi Penegak Demokrasi Gelar Demo

"Kurang lebih ada 16 KK (Kepala Keluarga) atau sekitar 1,53 hektare. Tidak besar, hanya 0,4 persen dari keseluruhan total yang dibutuhkan bandara. Tidak begitu signifikan," terang Mas Bup Dhito.

Ia berjanji akan mencari tahu penyebab lahan tersebut belum bisa dibebaskan. Bahkan, dirinya telah memiliki pola pendekatan khusus terhadap mereka yang belum bersedia melepaskan lahannya untuk kepentingan umum itu.

"Kalau dari kendalanya, saya akan cari tahu detailnya apa. Karena sudah berkali-kali kami jelaskan bahwa pembangunan bandara ini demi kepentingan masyarakat banyak. Maka tidak hanya masyarakat Kabupaten Kediri saja, tetapi masyarakat sekitar Kediri juga merasakan manfaatnya," jelasnya.

"Nanti tugas saya sebagai bupati, saya akan nylondohilah (mengambil hati) warga yang ada di tempat tersebut. Mungkin nanti Jumat Ngopi pindah ke tempat warga itu," ucap Mas Bup Dhito.

Sementara itu, dalam kunjungannya, Luhut Binsar Pandjaitan juga didampingi Direksi PT Gudang Garam Tbk Istata Aswin Sidarta beserta perwakilan PT Surya Dhoho Investama dan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Perlu diketahui, selain meninjau langsung proyek Bandara Dhoho Kediri, Luhut juga bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al Falah Ploso dan Lirboyo Kota Kediri. Ia menyampaikan sejumlah pesan Presiden Jokowi untuk para masyayikh agar tetap mewaspadai Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 kepada kalangan santri dan masyarakat, khususnya pada bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H.

Menko Marves juga berharap, proyek bandara Kediri berjalan baik, sehingga dapat meningkatkan kehidupan masyarakat, serta selesai tepat waktu. "Pembangunan Bandara Kediri berjalan dengan baik. Saya harapkan pada pertengahan 2023 sudah selesai," katanya usai melaksanakan agenda silaturahmi dengan para masyayikh Ponpes Lirboyo, Kota Kediri, Senin (26/4/2021) malam. (uji/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...