Rabu, 23 Juni 2021 16:07

Tanggapi Imbauan MUI Salat Idul Fitri 1442 H di Rumah, DMI Gresik: Tunggu Instruksi Pusat

Minggu, 25 April 2021 16:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Tanggapi Imbauan MUI Salat Idul Fitri 1442 H di Rumah, DMI Gresik: Tunggu Instruksi Pusat
Zainal Abidin, Ketua DMI Kabupaten Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar masyarakat muslim melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H tahun 2021 di rumah untuk menghindari sebaran Covid-19, direspons Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik.

Ketua DMI Kabupaten Gresik Zainal Abidin menyatakan, pihaknya belum mengambil sikap atas imbauan yang dikeluarkan MUI tersebut. Menurut Zainal, DMI Gresik belum mengeluarkan instruksi kepada penanggung jawab masjid di Kabupaten Gresik, terkait pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H.

"Kami menunggu (instruksi) DMI Pusat. Nantinya, DMI Pusat instruksikan apapun terkait salat Idul Fitri, kami akan tindaklanjuti," jelasnya.

Zainal mengungkapkan, sejumlah ormas sudah menyatakan siap mendukung imbauan MUI, agar masyarakat muslim melaksanakan salat Idul Fitri di rumah.

BACA JUGA : 

Pelanggan Keluhkan Airnya Keruh Sejak Minggu, Ini Penjelasan Dirut Perumda Giri Tirta Gresik

Update Covid-19 di Gresik: Positif Tambah 8 Orang, Sembuh 3

Update Covid-19 di Gresik, Positif Tambah 14 Orang, Sembuh 6

Update Covid-19 di Gresik: Positif Tambah 7 Orang, Sembuh 4

"Organisasi seperti Muhammadiyah juga telah memberikan respons imbauan MUI tersebut, dan mendukung. Namun, DMI Gresik lagi-lagi saya katakan masih menunggu instruksi organisasi vertikal kami (DMI Pusat)," terangnya.

DMI Gresik sendiri, kata Zainal, dalam situasi pandemi Covid-19 ini tetap mengizinkan masyarakat muslim untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah, baik di langgar, musala, maupun masjid dengan berjamaah.

Namun, jamaah salat tarawih tersebut tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. "Alhamdulillah, jamaah-jamaah salat tarawih di Gresik selama Ramadan ini tetap menjalankan prokes Covid-19," bebernya.

Sekadar diketahui, imbauan agar umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri 1442 tahun 2021 di rumah disampaikan Sekjen MUI Amirsyah Tambunan melalui siaran video di channel YouTube BNPB pada Jumat (23/4/2021) lalu.

"Hal ini semata-mata untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu, silaturahmi Hari Raya Idul Fitri bisa dilakukan dengan cara virtual," kata Amirsyah. (hud/rev)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...