Selasa, 15 Juni 2021 20:37

Cegah Kecelakaan Maut, BHS Minta Semua Perlintasan KA di Sidoarjo Dilengkapi Sirine

Kamis, 22 April 2021 21:04 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mustain
Cegah Kecelakaan Maut, BHS Minta Semua Perlintasan KA di Sidoarjo Dilengkapi Sirine
TINJAU: Bambang Haryo Soekartono (BHS) meninjau perlintasan KA di Desa Kedungkembar, Kamis (22/4/2021). (foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kecelakaan maut di perlintasan kereta api (KA) di Dusun Glonggong, Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo baru-baru ini membuat Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) prihatin.

BHS pun berharap kejadian serupa tidak terulang dan bisa dicegah dengan melakukan sejumlah upaya. Di antaranya menggalakkan sosialisasi cara berkendara aman saat melintasi rel KA.

"Sosialisasi utamanya dilakukan ke warga sekitar perlintasan sebidang," cetus BHS saat meninjau perlintasan KA di Dusun Glonggong Desa Kedungkembar, Prambon, Kamis (22/4/2021).

Kata BHS, agar aman saat melintasi rel KA, warga yang memakai kendaraan, tidak boleh terlalu pelan saat sudah di atas rel. "Pelannya itu saat 5-10 meter sebelum rel, untuk menengok kiri-kanan. Namun begitu sudah di atas rel, harus dengan kecepatan agak tinggi," ujarnya.

BACA JUGA : 

Ada Warga Terjangkit Demam Berdarah, BHS Gelar Fogging di Kwadengan Sidoarjo

Dharma Lautan Utama Distribusikan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Lumajang

Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan

Jelang Lebaran, BHS Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Harga 11 Komoditas Pangan

Hal itu, kata BHS, agar tidak terjadi mesin kendaraan mati mendadak akibat medan listrik saat KA lewat. "Makanya semua perlintasan sebidang (perlintasan KA) harus mulus. Tujuannya agar saat lewat di situ, tidak kecepatan rendah," tandas BHS.

Nah, untuk perlintasan sebidang yang menghubungkan jalan antar kecamatan maupun jalan antar desa/kelurahan, BHS menegaskan, perlintasan sebidang itu juga menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat. "Sehingga untuk sosialisasi ini sebenarnya tanggung jawab Dinas Perhubungan (Dishub)," katanya.

Selain sosialisasi berkendara aman saat melintasi rel, BHS menyatakan, semua perlintasan sebidang harusnya dilengkapi early warning system (EWS), yakni di antaranya berupa adanya sirine. "Sirine akan menyala satu kilometer sebelum kereta api lewat di perlintasan itu," bebernya.

Mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini menambahkan, pihaknya sudah berkali-kali menyampaikan soal EWS tersebut ke Pemkab Sidoarjo. Kata BHS, terkait anggaran untuk EWS itu, mestinya tidak terlalu dipikir jika dibandingkan kewajiban melindungi nyawa publik.

Ditegaskan BHS, pihaknya berharap persoalan perlintasan sebidang tanpa palang pintu di jalan kecamatan dan desa, menjadi perhatian serius Pemkab Sidoarjo. "Mulai sekarang perlu segera dibangun EWS itu," pungkas Alumnus ITS Surabaya tersebut.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Sumangku, berharap pihak terkait menempatkan petugas di perlintasan KA itu. "Sekalian dipasang sirine juga," cetusnya saat bertemu BHS di perlintasan KA Dusun Glonggong Desa Kedungkembar Prambon.

Kata Sumangku, kecelakaan yang merenggut nyawa Ravina Okta (22), mahasiswi yang juga warga setempat, Senin (19/4/2021) lalu, merupakan kejadian kali kedua. Kecelakaan serupa terjadi tahun lalu, di lokasi yang sama. Beruntung, korban yang juga warga setempat, berhasil selamat, meski mobilnya ringsek tertabrak KA. (sta/zar)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...