Senin, 10 Mei 2021 03:21

Jalan Berdua Dilaunching, Pengantin Baru di Kota Pasuruan Bisa Urus KTP dan KK Elektronik dari Rumah

Kamis, 22 April 2021 13:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Jalan Berdua Dilaunching, Pengantin Baru di Kota Pasuruan Bisa Urus KTP dan KK Elektronik dari Rumah
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf saat melaunching layanan 'Jalan Berdua' di halaman kantor Dispendukcapil Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) me-launching inovasi layanan yang diberi nama 'Jalan Berdua' di halaman kantor dispendukcapil setempat, Kamis (22/04/2021).

Jalan Berdua merupakan upaya meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan, yakni percepatan perubahan status kawin dan kepemilikan KTP dan KK elektronik bagi pasangan yang baru menikah di Kota Pasuruan.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, program ini sekaligus untuk mendukung terwujudnya zona integritas wilayah bebas korupsi di Pemerintah Kota Pasuruan.

Ia menjelaskan, layanan "jalan berdua" ini bertujuan mempermudah pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki dokumen telah menikah, seperti pemisahan KK dan status dalam KTP.

BACA JUGA : 

Kunjungi Showroom Bipang Jangkar di Pasuruan, Gubernur Khofifah: Halal dan Melegenda

Tidak Mudik Tetap Asik, Gus Ipul-Mas Adi Buka Acara Gantangan Bersama Kicau Mania

Bersama TP PKK Kota Pasuruan, Fatma Foundation Salurkan Ribuan Sembako Untuk Tenaga Harian Lepas

Gus Ipul Minta Pemuda Turut Dilibatkan Sebagai Petugas Pemulasaran Jenazah

"Ini menjadi salah satu solusi, layanannya cepat, murah. Karena jika dibiarkan (tidak pecah KK dan update KTP) dampaknya akan merugikan pihak terkait ketika ada pendataan penerimaan bantuan. Alhamdulillah, ini suatu model yang perlu kita kembangan ke depannya," ujar Gus Ipul.

Melalui layanan ini, masyarakat hanya perlu melampirkan berkas perubahan status kawin KK dan KTP elektronik ke KUA saat pendaftaran nikah. Setelah pencatatan dan penginputan pada aplikasi, maka dispendukcapil akan memproses KK dan KTP baru. Apabila sudah jadi, KK dan KTP baru itu akan dikirim ke rumah masing-masing lewat ojek online yang biayanya ditanggung Pemerintah Kota Pasuruan.

"Harapannya akan tercipta harmonisasi antara pemerintah dan warganya. sehingga tercapai visi Pasuruan Kota Madinah," tambah Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan MoU antara Pemkot Pasuruan dengan Kemenag Kota Pasuruan terkait pelayanan publik serta antara Kemenag Kota Pasuruan dengan Dispendukcapil terkait penerbitan KK dan KTP elektronik. 

Usai penandatangan MoU, Gus Ipul kembali mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah atau instansi yang melakukan pelayanan publik agar turut berpartisipasi dalam mall pelayanan publik yang akan segera hadir di Kota Pasuruan.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Pj. Sekda, Plt. Kepala Disdukcapil Kota Pasuruan, Plt. Kemenag Kota Pasuruan, Ketua Pengadilan Agama Pasuruan, kepala OPD, serta perwakilan ojek online (Copas, Nujek, dan Grab Pasuruan). (ard/rev)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...