Senin, 10 Mei 2021 02:17

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kapolri Ajak Semua Pihak Patroli Hingga ke Jalan Tikus

Rabu, 21 April 2021 17:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kapolri Ajak Semua Pihak Patroli Hingga ke Jalan Tikus
Wawali Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) didampingi Kapolres Pasuruan Kota bersama Dandim 0819 Pasuruan saat mengikuti rakor lintas sektoral.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengadakan rapat koordinasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam masa pandemi Covid-19 tahun 2021.

Rapat yang digelar pada hari Rabu (21/4/2021) itu merupakan finalisasi dari rapat yang telah digelar beberapa kali sebelumnya.

Selain dihadiri oleh Kapolri, Panglima TNI, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, rapat itu juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda di tingkat provinsi dan daerah seluruh Indonesia.

Dalam rapat yang diselenggarakan secara virtual itu, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) didampingi Kapolres Pasuruan Kota dan Dandim 0819 Pasuruan beserta jajaran TNI-Polri dan perangkat daerah lainnya turut hadir atas nama Kota Pasuruan.

BACA JUGA : 

Penyekatan Hari Keempat, Pemudik Mulai Berkurang

Paguyuban Sopir di Kediri Dukung Warga Tidak Mudik

Bersama TP PKK Kota Pasuruan, Fatma Foundation Salurkan Ribuan Sembako Untuk Tenaga Harian Lepas

Ada Penumpukan di Check Point Tol Trans Jawa, BPJT Minta Personel Ditambah

Adapun tujuan diadakannya rapat koordinasi ini yaitu menyamakan persepsi terkait pengaturan di lapangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Khususnya membahas mekanisme penyekatan mudik, terkait kebijakan larangan mudik. Mengingat, bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi (salus populi suprema lex esto).

Dalam sambutannya, Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan perlunya langkah antisipasi yang konkret sehingga laju angka pertumbuhan Covid-19 dapat ditekan. Salah satunya melalui kebijakan larangan mudik saat lebaran.

(Jajaran TNI-Polri dan perangkat daerah lainnya saat mengikuti rakor lintas sektoral)

"Paling tidak, kita bisa mempertahankan agar angka yang sekarang tidak menjadi tinggi, sehingga perlu ada langkah-langkah mengatasi arus mudik dan memperketat penerapan PPKM Mikro," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sehubungan dengan adanya larangan mudik sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, kapolri mengajak untuk saling bersinergi melakukan pengamanan dan antisipasi secara sinergi oleh seluruh pihak terkait.

Karena dalam kondisi ini akan ada masyarakat yang tetap melakukan mudik melalui jalan-jalan tikus, seperti operasi keamanan kepatuhan protokol kesehatan, operasi ketupat, dan lainnya.

Jika terpaksa harus melakukan perjalanan antar kota, maka perlu adanya dokumen penyerta, seperti SIKM (Surat Izin Keluar Masuk), surat bukti tes swab dengan hasil negatif, surat perjalanan dinas, dan dokumen pendukung lainnya. Untuk kendaraan yang mendapat izin melintas hanya tertentu, seperti pasokan bahan pokok, obat, ambulans, dan sebagainya. (par/ian)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...