Kamis, 13 Mei 2021 10:13

Soal Pembangunan Jalan Tol, Mas Bup Dhito: Sosialisasi Dilakukan Setelah Idulfitri

Selasa, 20 April 2021 04:52 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Soal Pembangunan Jalan Tol, Mas Bup Dhito: Sosialisasi Dilakukan Setelah Idulfitri
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat audiensi dengan DPUPR.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Proyek pembangunan jalan tol untuk mendukung Bandara Kediri tengah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri. Jalan tol tersebut nantinya akan menghubungkan Kediri dengan Nganjuk.

Guna mempersiapkan hal itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana sudah melakukan audiensi dengan PUPR untuk mendengarkan pemaparan dalam tahapan awal pembangunan jalan tol.

"Nanti, akan dilakukan sosialisasi dengan mengundang forkopimda terkait pembangunan jalan tol, setelah Hari Raya Idulfitri," kata Mas Bup Dhito, sapaannya, Senin (19/4/2021).

Menurut Mas Bup Dhito, pembangunan jalan tol tersebut akan mencakup 2 kecamatan, yakni Kecamatan Banyakan di Desa Ngablak, Maron, Banyakan, Sendang, dan Kecamatan Grogol di Desa Bakalan.

BACA JUGA : 

Warga Kediri Tewas Terkena Ledakan Petasan yang Dibuatnya Sendiri, Tubuh Putus Menjadi Tiga Bagian

Wali Kota Kediri Siapkan Pekerjaan bagi Istri Salah Satu Pahlawan KRI Nanggala-402

Serahkan Bantuan Si Jamal, ​Wali Kota Kediri Inginkan Anak Janda Bisa Angkat Derajat Keluarganya

Tinjau Simpang Tiga Mengkreng Kabupaten Kediri, Dirregident Korlantas Polri: Aman dan Kondusif

"Pembangunan jalan tol sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 18 bulan hingga 24 bulan yang ditargetkan oleh PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri," terangnya.

Berdasarkan estimasi, lanjut Dhito, di Kabupaten Kediri dibutuhkan kurang lebih 39 hektare lahan untuk pengerjaan keseluruhan jalan tol Kediri-Kertosono yang panjangnya mencapai lebih dari 20 kilometer.

"Kami Pemerintah Kabupaten Kediri pasti akan men-support pembangunan jalan tol ini. Pastikan tidak ada yang bermain dalam pembebasan tanah milik warga," imbuhnya.

Mas Bup Dhito sangat berharap pihak PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri menggandeng tim appraisal yang profesional dan berpengalaman dalam proses pembebasan lahan terdampak pembangunan jalan tol.

"Dengan demikian, tim appraisal bisa berkoordinasi dengan Pemkab Kediri, kecamatan, dan desa, terkait nilai ganti rugi lahan milik warga," tuturnya.

Dhito menambahkan, bahwa proyek jalan tol ini merupakan salah satu implementasi rencana pembangunan nasional dalam rangka percepatan pengembangan kawasan strategis.

"Tidak hanya itu, proyek ini juga sebagai sarana untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan akses jalan yang mudah untuk transportasi dan logistik," pungkasnya.

Hadir dalam audiensi tersebut, yakni PPK Pengadaan Tanah Kementerian PUPR Bina Tol Trans Jawa M. Hidayat Satria Adi, Direktur Teknik PT Jasa Marga Historia, dan Kepala PUPR Kabupaten Kediri Irwan Candra. (uji/zar)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...