Kamis, 13 Mei 2021 10:53

Peduli Warga, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sembayat Gresik Belikan Kasur Lansia Sebatang Kara

Senin, 19 April 2021 19:59 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Peduli Warga, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sembayat Gresik Belikan Kasur Lansia Sebatang Kara
Nenek Maruji ketika mendapatkan bantuan kasur dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sembayat, Manyar. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Nenek Maruji (80), warga yang tinggal di RT 19 B RW 04 Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menjadi salah satu potret kemiskinan di Kabupaten Gresik, kota yang bertabur industri.

Lansia ini hidup sebatang kara di rumah ukuran 3x4 m2 berdinding kalsiboard. Sehari-harinya, Nenek Maruji tidur di lantai beralaskan tikar plastik.

Rumah nenek Maruji juga berdiri di atas tanah milik negara, tak jauh dari bibir Kali Mireng, Kecamatan Manyar.

Untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari, Nenek Maruji mengandalkan uluran tangan warga sekitar. Ada yang memberi bahan makanan, hingga ikan air tawar hasil tangkapan dari sungai.

BACA JUGA : 

Dua Bulan, Polres Gresik Ungkap 20 Kasus 3C, Amankan 24 Tersangka

Gelar Apel Penandatanganan Komitmen, Kapolres Gresik: Jangan Main-Main dengan Narkoba

Ramadan, Gereja Kristen Jawi Wetan Gresik Gelar Bazar dan Bagikan Sembako

Iba dan Kagumi Aktivitas Seorang Difabel di Medsos, Bhabinkamtibmas Polsek Rengel Hadiahi Kursi Roda

Melihat kondisi tersebut, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sembayat bertandang ke rumah Nenek Maruji, Senin (19/4/2021).

Bripka Hadi Supriyanto dari Polsek Manyar dan Serda Marjuki dari Koramil Manyar terketuk hati untuk membelikan Nenek Maruji kasur dan bantal guling dari menyisihkan uang gaji.

"Setidaknya Nenek Maruji bisa dibuai mimpi layaknya warga pada umumnya. Bisa nyenyak tidur, tulang senjanya tidak lagi beralaskan kerasnya lantai plester," ungkap Bripka Hadi.

Dua aparatur negara pengayom masyarakat ini berharap masih ada uluran tangan dari para dermawan untuk membantu Nenek Maruji. Terlebih sekarang Bulan Suci Ramadan, sangat dianjurkan berlomba-lomba berbuat amal kebaikan.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana, S.I.K., M.H. mengapresiasi kepedulian bhabinkamtibmas dan babinsa.

"Selain tugas pokok sebagai insan Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, apa yang mereka lakukan juga wujud kepedulian kami kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Iptu Bima Sakti.

Menurut alumni Akpol 2013 itu, kepedulian bhabinkamtibmas bersama babinsa tersebut suatu hal yang sangat positif dalam membangun sinergitas kemitraan polisi dan masyarakat maupun TNI. "Hal ini untuk membangun situasi kamtibmas yang aman dan nyaman," pungkasnya. (hud/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...