Rabu, 12 Mei 2021 03:07

Terima Bantuan dari Pemprov Jateng dan DIY, Khofifah Percepat Penanganan Daerah Terdampak Bencana

Minggu, 18 April 2021 00:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Indrayadi
Terima Bantuan dari Pemprov Jateng dan DIY, Khofifah Percepat Penanganan Daerah Terdampak Bencana
Penyerahan bantuan secara simbolis dari Gubernur Jawa Tengah kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bencana gempa yang melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur menarik simpati berbagai kalangan, termasuk dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Keduanya memberikan bantuan kemanusiaan yang langsung diserahkan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/4/2021).

Tercatat ada 11 donatur yang turut ambil bagian, yakni Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, BUMD Jateng, KORPRI Peduli Jawa Tengah, Baznas Jateng, RS Tlogorejo, Bank Mandiri, PLN, PMI Prov Jateng, Dinas Ketahanan Pangan, Telkom, serta Bank BNI.

Adapun daftar penyerahan bantuan dari Pemprov Jateng adalah uang tunai 250 juta, sarden 1.000 kaleng, mie instan 325 dus, pembalut wanita 10 karton, popok bayi XL/L/M 20 karton, sarung 7 kodi, popok bayi 40 dus, serta popok dewasa 30 dus.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih atas kegotong royongan tim relawan dan logistik dari Gubernur Ganjar untuk mempercepat penanganan daerah yang terdampak bencana gempa seperti di Lumajang, Malang, Blitar, serta daerah lainnya.

BACA JUGA : 

Tingkatkan Kualifikasi Akademik Guru Diniyah, Pemprov Jatim Berikan 510 Beasiswa Senilai Rp15 M

Pemprov Jatim Beri Santunan 2.137 Keluarga Korban Meninggal Akibat Covid-19

Beri Perhatian Wong Cilik, Gubernur Khofifah Berbagi 200 Paket Sembako

PKH Mojokerto Salurkan Donasi Senilai Rp70 Juta Untuk Korban Gempa Bumi di Lumajang

"Semua sedang proses validasi secara lebih cepat supaya proses rekonstruksi pasca tanggap darurat agak dipercepat," katanya.

"Semua akan divalidasi. Seperti di Lumajang. Saat puasa pertama saya ke sana saya melihat tim relawan terbatas. Tapi hari berikutnya sudah banyak tim relawan. Namun tim eksavator sulit masuk ke beberapa daerah yang lokasinya rusak parah. Saya takut warga bisa frustrasi," ujar Khofifah.

Khofifah juga menyebut, akan segera mendistribusikan bantuan berupa sembako. "Terima kasih atas seluruh tim dari Jateng dan PT Jaya Kirana Sakti. Mudah- mudahan bisa memberikan kebahagiaan bagi semuanya," tutupnya.

Sementara Plt. Kepala BPBD Jatim Yanuar Rachmadi menyampaikan penanganan dampak bencana di Lumajang. Untuk saat ini, menurutnya, kerusakan ringan sudah mampu teratasi. "Yang agak berat adalah yang mengalami kerusakan sedang dan berat. Karena posisinya masyarakat juga syok dengan kejadian gempa tersebut," katanya.

"Kemungkinan mereka takut terjadi lagi. Pikirnya setelah diperbaiki akan ada gempa lagi. Sehingga kita merekonstruksi menyesuaikan dengan konstruksi alam. Menyesuaikan alam, bukan alam yang menyesuaikan," jelasnya.

Ia mencontohkan sejumlah rumah yang terbuat dari kayu, namun hanya mengalami kerusakan di bagian atap. "Berarti bukan hanya batang beton, kayu juga bisa kuat. Apalagi BMKG juga mengatakan nanti akan terjadi gempa lagi, tapi waktunya juga tidak tahu," pungasnya. (dra/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...