Rabu, 12 Mei 2021 03:09

Salat Tarawih di Masjid Al-Falah, Gubernur Khofifah Apresiasi Prokesnya yang Ketat

Sabtu, 17 April 2021 18:55 WIB
Editor: mma
Salat Tarawih di Masjid Al-Falah, Gubernur Khofifah Apresiasi Prokesnya yang Ketat
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa disambut para pengurus Masjid Al-Falah, Jumat (16/4/2021). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan Safari Ramadhan ke berbagai masjid pada Jum'at (16/4). Ketua Umum Muslimat NU itu melakukan shalat tarawih berjamaah di Masjid Al Falah Surabaya, yang berlokasi di Jl. Darmo no 137, Surabaya.

Sebelum masuk masjid, Gubernur Khofifah melalui tahapan prokes yang disyaratkan dengan ketat oleh pihak masjid. Yaitu cek suhu tubuh, serta selalu mengenakan masker selama beribadah di dalam masjid.

Selain itu, jarak antar jamaah juga diatur dengan penanda sehingga tidak saling berdekatan. Bahkan, Masjid Al Falah juga tidak lagi menyediakan mukenah yang dapat dipinjam jamaah serta melepas karpet yang biasa digelar di masjid. Sedang kotak amal dilengkapi hand sanitizer.

Takmir masjid hanya menyediakan sajadah darurat yang terbuat dari bahan sintetis untuk alas shalat yang setelah dipakai jamaah akan segera disterilkan dengan disinfektan.

BACA JUGA : 

Tingkatkan Kualifikasi Akademik Guru Diniyah, Pemprov Jatim Berikan 510 Beasiswa Senilai Rp15 M

Puluhan Bonek-Bonita Jarak-Dolly Berbagi Takjil Nasbung dan Jajanan

Jaga Rasa Kekeluargaan, Pemuda Pancasila Dukuh Pakis Gelar Bukber Bersama Beralaskan Daun Pisang

Pemprov Jatim Beri Santunan 2.137 Keluarga Korban Meninggal Akibat Covid-19

Saat melaksanakan shalat tarawih, Gubernur Khofifah terlihat khusyuk melaksanakan salat bersama jamaah lainnya. Sebelumnya, Gubernur menyapa dengan akrab beberapa jamaah yang hadir di Masjid Al Falah.

Usai salat tarawih, para jama'ah rapi ngantri berfoto dengan tetap bermasker. Khofifah menyampaikan bahwa layanan ibadah termasuk salah satunya tarawih tetap bisa dilaksanakan. Namun demikian, harus dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat.

"Layanan ibadah tetap bisa dilakukan. Salat tarawih misalnya, asal prokesnya benar-benar dijalankan dengan tertib dan ketat," terang Khofifah.

Khofifah menjelaskan, Bulan Ramadhan 1442 H kali ini keadaannya masih sama dengan tahun lalu. Yaitu masih dalam keadaan pandemi Covid-19. Semua aktivitas masyarakat tidak seleluasa tahun-tahun sebelumnya. Semua harus dilakukan dengan kepatuhan terhadap prokes, termasuk aktivitas ibadah bagi masyarakat.

Khofifah juga menegaskan bahwa saat ini salat tarawih bisa dilakukan dengan berjamaah di masjid atau musala asalkan takmir atau pengurus masjid benar-benar menjalankan prokes. Menurut dia, penyebaran Covid-19 di Jatim sudah mulai melandai meskipun belum berhenti penyebarannya.

"Saat ini kasus Covid-19 di Jatim sudah melandai, sekali lagi sudah melandai tetapi belum berhenti. Jadi mohon tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan," pintanya.

Gubernur Khofifah juga mengapresiasi penerapan prokes yang diterapkan oleh Masjid Al Falah. Selain itu Gubernur Khofifah memuji fasilitas yang disediakan Masjid Al Falah. Diantaranya, fasilitas Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah (BKSF) untuk menyelesaikan berbagai permasalahan berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah baik pribadi maupun keluarga, lembaga kursus Al Qur'an, dan layanan ikrar bagi mualaf.

"Banyak layanan bagi umat Islam yang difasilitasi masjid Al Falah ini, semua tetap dapat dijalankan, tentu dengan protokol kesehatan yang ketat," pungkasnya. (*) 

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...