Gubernur Jatim Terima Bantuan untuk Gempa Malang dari Gubernur Jateng

Gubernur Jatim Terima Bantuan untuk Gempa Malang dari Gubernur Jateng Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima bantuan. foto:Indra/BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur menerima bantuan logistik dan uang tunai Rp 250 juta dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bantuan ini akan diberikan kepada korban terdampak bencana gempa Malang. Bantuan diserahkan oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Provinsi Jateng, Sarwo Pramana dan diterima langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Plh Sekdaprov Jatim Heru Thahjono di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/4/2021).

Gubernur Khofifah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan tim relawan dan logistik dari Gubernur Ganjar kepada korban terdampak di tiga kabupaten. Saat ini Pemprov Jatim tengah melakukan rekonstruksi di daerah tersebut.

"Semua sedang proses validasi secara lebih cepat supaya proses rekonstruksi pasca tanggap darurat agak dipercepat," kata Khofifah.

Apalagi di lokasi bencana tim relawan masih sangat terbatas. Bahkan pada beberapa titik, ekskavator tidak bisa menembus area terdampak sehingga kesulitan membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan. Namun bantuan relawan telah memberi semangat baru.

Pada kesempatan tersebut, Sarwo Pramana mengatakan, pihaknya mewakili Gubernur Ganjar membawa rombongan PMI Jateng dan memberikan bantuan senilai sekitar Rp 549 juta dalam bentuk uang tunai dan logistik. Termasuk beberapa produk lokal Jateng seperti telur asin Brebes.

"Khusus untuk sayur sudah saya turunkan ke lokasi tadi malam karena takut cepat rusak," katanya.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Heru Thahjono, memastikan bantuan langsung dikirim saat ini juga. "Ini langsung ke posko masing-masing. Kita lihat ada dua daerah yang terdampak paling berat yaitu Lumajang dan Malang," kata Heru Tjahjono.

Bantuan logistik dari Pemprov Jateng terdiri dari sarden 1.000 kaleng, 325 dus mie instan, 10 karton pembalut wanita, 20 karton popok bayi, 7 kodi sarung, 40 dus popok bayi, dan 30 dus popok dewasa. Termasuk menerjunkan tim relawan ke lokasi bencana. (dra/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO