Jumat, 07 Mei 2021 23:35

Inovasi Penerapan POL Saat Pendemi Diapresiasi BI, Bupati Yes Tanda Tangani SK TP2DD

Kamis, 15 April 2021 15:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Inovasi Penerapan POL Saat Pendemi Diapresiasi BI, Bupati Yes Tanda Tangani SK TP2DD
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menandatangani SK TP2DD. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Difi Ahmad J. saat Musrenbang Provinsi Jawa Timur di Hotel Sangrila Surabaya, Kamis (15/4/2021), memberikan apresiasi kepada Bupati Yuhronur Efendi atas penerapan digitalisasi Pasar Online Lamongan (POL). Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Arif Bakhtiar.

Menurutnya, apresiasi tersebut disampaikan karena inovasi aplikasi POL ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan masa pandemi seperti ini.

"Lamongan menjadi pionir pasar tradisional online di Jawa Timur. Masyarakat mendapatkan kebutuhannya tanpa keluar rumah dan perekonomian tetap berjalan. Apalagi POL juga bekerja sama dengan Bank Jatim melalui Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) sebagai media pembayarannya melalui mobile banking," ungkap Arif Bakhtiar.

Pada kesempatan yang sama, Bupati YES, sapaan akrab Bupati Lamongan, melakukan Penandatanganan Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

BACA JUGA : 

Libur Lebaran, RSUD dr. Soegiri Lamongan Siagakan IGD 24 Jam

Jelang Lebaran, Ketersediaan Sembako di Lamongan Terpantau Masih Aman

Polres Lamongan Ringkus 12 Pemuda Terlibat Aksi Kekerasan, di Antaranya Sempat Lawan Petugas

Bupati Yuhronur Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Lebaran

Pembentukan TP2DD menurut Arif Bakhtiar bertujuan meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola, dan mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah.

“Hal tersebut dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah, perlu implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah melalui percepatan dan perluasan digitalisasi daerah,” jelas Arif Bakhtiar.

Ditambahkan Arif, bahwa nantinya TP2DD akan melakukan pengumpulan data dan informasi perkembangan transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah, baik yang dilakukan secara tunai maupun nontunai. Selain itu, juga melakukan analisis dan identifikasi hambatan dan permasalahan terkait elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, melakukan langkah-langkah penyelesaian hambatan dan permasalahan, menyusun rekomendasi kebijakan, strategi, dan rencana aksi, serta menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas TP2DD kepada Kelompok Kerja Nasional P2DD.

“Sebelumnya sudah terbentuk 8 TP2DD di Jawa Timur, dan saat ini ada 16 kabupaten/kota yang menandatangani SK TP2DD, salah satunya termasuk Kabupaten Lamongan,” imbuh Arif Bakhtiar.

TP2DD diketuai oleh Bupati Lamongan dengan Wakil Ketua Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dan Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur. (qom/zar)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...