Hasil Survei SSC: PDIP Parpol Paling Nasionalis, PKB Paling Religius

Hasil Survei SSC: PDIP Parpol Paling Nasionalis, PKB Paling Religius Edy Marzuki, Direktur Riset SSC. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PDI Perjuangan dan PKB tampaknya akan terus bersaing ketat dalam pemilu 2024 di Jawa Timur. Kedua partai papan atas ini saling berebut pengaruh pemilih, terutama di Jatim.

Dari hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) dengan responden kalangan millennials, ditemukan fakta bahwa PDIP jadi partai politik yang paling nasionalis dan PKB merupakan partai politik paling religius.

“PDIP menjadi partai paling nasionalis dengan perolehan 27.2 persen. Diikuti oleh Gerindra dan Golkar dengan 8.2 persen serta 7.9 persen,” papar Direktur Riset SSC, Edy Marzuki, Selasa (13/4/2021).

“Sebenarnya, apa yang dicapai 3 partai di atas tidaklah mengejutkan. Ketiganya memang selalu mencitrakan diri sebagai partai nasionalis. Ini terbukti jika citra yang mereka tunjukkan berhasil diterima. Paling tidak begitu fakta yang ditangkap oleh kalangan millenials,” tambahnya.

Terkait hasil survei partai yang paling religius, pria yang juga dosen di Universitas Yudharta Pasuruan ini menyebut jika perolehan PKB melejit dengan capaian 42.8 persen.

“Baru diikuti oleh PKS, PAN, dan PPP yang perolehannya sama-sama di angka sekitar 4 persen,” papar Edy.

Apa yang dicapai PKB ini sedikit boleh dibilang mengejutkan. “Pasalnya, akhir-akhir ini mereka mencitrakan diri pula sebagai partai yang nasionalis. Tapi di sisi lain tidak dapat dipungkiri jika konstituen dan para pengurus PKB mayoritas lebih merupakan ulama dan kader dari NU,” tandas Edy.

Simak berita selengkapnya ...